Dark/Light Mode

Generasi Muda Ogah Turun Ke Sawah

DPR Minta Menteri Nadiem Ikut Atasi Krisis Pertanian

Jumat, 8 September 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi X DPR Putra Nababan. (Foto: Ist)
Anggota Komisi X DPR Putra Nababan. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“Saya meminta mas Menteri mendesak Penjabat Gubernur DKI yang mantan Kepala Sekretariat Pre­siden, agar 500 guru ini mendapat­kan penempatan,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti menambahkan, pagu sementara Kemendikbudristek tahun ang­garan 2024 sebesar 97,7 triliun.

Pagu tersebut dibagi berdasar­kan program kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan wajib belajar 12 tahun sebesar Rp 13,99 triliun. Kualitas pengajaran dan pembelajaran Rp 15,8 triliun. Pemajuan dan pelestarian bahasa dan kebudayaan Rp 3,06 triliun. Pendidikan tinggi Rp 38,57 triliun. Pendidikan dan pelatihan vokasi Rp 6,01 triliun. Dan dukungan manajemen Rp 20,24 triliun.

Sementara, berdasar per unit eselon I, yakni, Sekretaris Jenderal Rp 42,43 triliun. Inspektorat Jen­deral Rp 203 miliar. Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Rp 2,78 triliun. Badan Standar, Kurikulum dan Asess­ment Pendidikan Rp 1,09 triliun.

Baca juga : Sahabat Sandi Dan UMKM Lokal Mendorong Semangat Aktifitas Fisik Perekonomian

Berikutnya, Badan Pengem­bangan dan Pembinaan Bahasa Rp 1 triliun. Ditjen Kebudayaan Rp 3,29 triliun. Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Rp 5,04 triliun. Ditjen Dikti, Riset dan Teknologi Rp 33,31 triliun. Ditjen Pendidikan Vokasi Rp 8,55 triliun.

“Total pagu indikatif Kemdi­kudristek tahun anggaran 2024 adalah Rp 97,7 triliun,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Men­dikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan arah kebijakan Kemendikbudristek tahun 2024. Antara lain, peningkatan PAUD dan pelaksanaan wajib belajar 12 tahun.

“Tentunya masukan Komisi X DPR mengenai berbagai ma­cam akselerasi dan sosialisasi terhadap Program Indonesia Pintar (PIP) menjadi fokus kita ke depan. Dan juga Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) juga tentunya,” jelasnya.

Baca juga : Delegasi Youth Dialogue SAYEF Kunjungi Desa Energi Berdikari Pertamina

Berikutnya, program kualitas pembelajaran dan pengajaran. Dia memastikan, program pro­ritas ini merupakan kesempatan untuk mengakselerasi semua program guru penggerak, seko­lah penggerak. Dan juga me­mastikan hampir 100 persen sekolah mengimpelementasikan kurikulum Merdeka.

Nadiem memastikan, pro­gram Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan men­jadi fokus dari anggaran Kemen­dikbudristek tahun depan.

Pihaknya pun sudah melaku­kan sosialisasi untuk ekspansi yang besar-besaran pada pro­gram MBKM dan menyiapkan berbagai macam dana untuk perguruan tinggi dalam melak­sanakan kemitraan dengan in­dustri.

“Berbagai aspek dalam ri­set juga akan kami dukung dan juga peningkatan sarana dan prasarana untuk perguruan tinggi,” katanya.

Baca juga : Korsel Gelar Latihan Civil Defense, Dubes Gandi: Provokasi Korut Meningkat

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 8/9/2023 dengan judul Generasi Muda Ogah Turun Ke Sawah, DPR Minta Menteri Nadiem Ikut Atasi Krisis Pertanian

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.