Dark/Light Mode

Siswa Tidak Terima Dana Bantuan

Awasi Ketat Penyaluran PIP

Senin, 2 Oktober 2023 07:10 WIB
Anggota Komisi X DPR Anita Jacoba. (Foto: Tangkapan Layar YouTube DPR RI)
Anggota Komisi X DPR Anita Jacoba. (Foto: Tangkapan Layar YouTube DPR RI)

 Sebelumnya 
Karena itu, dia menyayang­kan pihak bank penyalur di daerah menerima begitu saja tanpa klarifikasi ke orang tua terkait surat kuasa tersebut. “Kok dengan mudahnya ditipu oleh kepala sekolah. Karena ini banyak kejadian,” terangnya.

Belakangan, Anita menemu­kan banyak terjadi penumpu­kan buku tabungan dari bank penyalur kepada kepala sekolah. Ini pula yang membuat politisi asal Nusa Tenggara Timur ini prihatin karena memberi keper­cayaan kepada pihak sekolah untuk pendistribusian buku tabungan.

“Kalau kepala sekolahnya baik hati dan cinta kepada siswanya, tentu dia akan me­manggil siswanya. Tapi ada juga kepala sekolah yang nakal, menggunakan dana PIP dengan diam-diam memalsukan su­rat kuasa. Karena dia pegang bukunya. Orang tua siswa yang tidak pegang buku tabungan karena ada di sekolah,” terang­nya.

Baca juga : Persija Ditahan Bali United, Thomas Doll Soroti Keputusan Wasit

Ironisnya, lanjut dia, ketika orang tua hendak menanyakan buku tabungan ini, pihak bank penyalur meminta agar ini di­tanyakan ke pihak sekolah. Sebaliknya, ketika ditanyakan kembali ke pihak sekolah, malah mengaku tidak memegang buku tabungan tersebut.

“Jadi tolong diperhatikan yang di bawah itu karena pihak seko­lah dan bank (cabang dan cabang pembantu) ini seperti raja-raja kecil. Masyarakat miskin ini dibikin tidak ada harganya oleh mereka,” sesalnya.

Anita meminta Pemerintah segera menuntaskan masalah PIP di daerah ini. “Ini kalau tidak diberesin, saya akan minta KPK untuk periksa dana-dana PIP reguler karena ini (dugaan pencairan tanpa sepengetahuan orang tua siswa) banyak sekali,” wantinya.

Baca juga : Relawan Mas Bowo Gelar Senam Sehat Dan Bagikan Sembako Di Karawang

Sementara Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih menilai, masih terdapat temuan dana PIP yang tidak diterima peserta didik, terutama di daerah-daerah 3T, tertinggal, terluar, dan terdepan. Perma­salahan tersebut antara lain, masih terdapat satuan pendidi­kan yang tidak mencairkan PIP karena tidak mengetahui bahwa peserta didiknya mendapatkan bantuan PIP.

Kemudian adanya kendala dalam aktivasi akun penerima PIP karena perbedaan persepsi antara kantor cabang bank penyalur. Dan kurangnya layanan pendampingan kepada orang tua peserta didik menyebabkan orang tua terpaksa bolak-balik mendatangi bank penyalur. Temuan permasalahan ini terus mengemuka saat rapat kerja bersama Kementerian Pendi­dikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 2/10/2023 dengan judul Siswa Tidak Terima Dana Bantuan, Awasi Ketat Penyaluran PIP

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.