Dark/Light Mode

Dinilai Tidak Transparan

Aksi Mutasi Eks Gubernur Bakal Diusut DPRD Sulsel

Minggu, 10 September 2023 07:50 WIB
Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel Syaharuddin Alrif. (Foto: Ist)
Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel Syaharuddin Alrif. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mengusut tuntas persoalan mutasi pejabat di masa kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel Syaharuddin Alrif mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) untuk menuntaskan persoalan mutasi pejabat di masa kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Baca juga : Kebakaran Lagi, Sebagian Akses Menuju Gunung Bromo Ditutup Sementara

Menurut dia, usulan tersebutsudah disampaikan kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, oleh pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulsel.

“Informasi terakhir, sebanyak 400 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sulsel yang dimutasi atau dinon­jobkan. Kami akan meminta data lebih rinci terkait dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sulsel,” ujar Alrif di Makassar, Sulsel, kemarin.

Baca juga : Dukung Transformasi Digital, BDDC Gencar Bangun Data Sistem

Dia menegaskan, pengusutanaksi mutasi di lingkungan Pemprov Sulsel wajib dilakukan. Pembentukan pansus bertujuan untuk memastikan, mutasi peja­bat di Pemprov Sulsel dilakukan secara transparan, objektif, serta sesuai dengan aturan yang ada dan berlaku.

“Kami berkesimpulan, perlu ada pansus. Pansus akan mengawasi dan mengkaji mutasi pejabat di Pemprov Sulsel, khususnya di era pemerintahan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Kami akan memastikan, keputusan terkait mutasi pejabat berada dalam kerangka hukum yang tepat,” tegas Alrif.

Baca juga : Pelanggar Lalin Bakal Dikenai Sanksi Double

Legislator dari Fraksi Partai NasDem ini menambahkan, pembentukan pansus akan mem­berikan kesempatan kepada DPRD Provinsi Sulsel, untuk memahami alasan-alasan di balik mutasi pejabat. Sebab, aksi mutasi kerap menjadi topik menarik, dan menjadi perhatian masyarakat.

Usulan (pansus) ini masih harus melalui tahapan-tahapan, sebelum benar-benar terwujud. Usulan pembentukan pansus harus diajukan kepada Komisi A DPRD Provinsi Sulsel, untuk mendapatkan persetujuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.