Dark/Light Mode

DPR Ingatkan TNI Untuk Jaga Netralitas Di Pemilu

Rabu, 4 Oktober 2023 10:51 WIB
Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani. (Foto: Ist)
Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani mengingatkan, pentingnya komitmen TNI menjaga netralitas jelang Pemilu 2024. 

Menurut dia, HUT TNI ke-78 yang mengambil tema 'TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju', menjadi momentum yang baik untuk kembali memastikan komitmen netralitas TNI tersebut.

"HUT TNI kali ini tentu istimewa karena bersamaan dengan momentum persiapan Pemilu 2024,  maka penting sekali kita ingatkan agar TNI netral, tidak tertarik pada dukung-mendukung kekuatan politik tertentu. TNI harus berada di atas semua kepentingan politik apa pun kecuali politik negara," ungkap Christina kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (4/10).

Baca juga : Bareng Masyarakat, Relawan Ganjar Untuk Semua Meriahkan Maulid Nabi Di Tangerang

Menurutnya, netralitas TNI pada Pemilu 2024 patut menjadi perhatian karena banyaknya purnawirawan yang terjun ke dunia politik menjelang Pemilu 2024. Christina khawatir, banyaknya purnawirawan yang terlibat aktif pada kekuatan politik tertentu bisa mengganggu netralitas TNI. 

Bagi Christina, keputusan tersebut harus diantisipasi agar TNI tetap setia dengan sumpah prajuritnya yang mengutamakan rakyat dan negara daripada parpol atau kepentingan politik kekuasaan apa pun bentuknya. 

"Jangan sampai karena kekuatan purnawirawan di antara parpol atau kandidat Capres/Cawapres lalu TNI ikut terseret. Jangan sampai," tegas Christina.

Baca juga : Kementan Optimistis Jaga Pertanaman Di Masa El Nino

Apalagi, kata dia, menurut catatan Bawaslu RI Indonesia memiliki dimensi Indeks Kerawanan Pemilu 2024, salah satunya terkait antisipasi netralitas aparat baik TNI maupun Polri. 

Hal lain adalah antisipasi terjadi kerawanan Pemilu seperti kekerasan, kerusuhan berbasis SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) yang bisa melibatkan tokoh-tokoh politik dan pemerintahan. 

"Peran TNI akan lebih baik fokus pada upaya menjamin Pemilu berjalan aman dan damai. Dalam sinerginya dengan Polri kami yakin TNI bisa maksimal menjalankan tugas-tugasnya tetapi bukan untuk menjadi alat mobilisasi kekuatan politik," pungkas Christina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.