Dark/Light Mode

Musim Kemarau Belum Berakhir

Waspadai Kebakaran Hutan

Kamis, 5 Oktober 2023 07:10 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan. (ANTARA/HO-DPR RI)
Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan. (ANTARA/HO-DPR RI)

 Sebelumnya 
Sementara, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Ke­mentan) Andi Nur Alam Syah ikut turun langsung membantu pemadaman kebakaran lahan di Kalsel agar tidak meluas ke perkebunan kelapa sawit.

Upaya ini untuk mencegah kerugian lebih besar yang dapat dialami masyarakat terutama para petani mengingat saat ini terdapat sekitar 7.000 hektare lahan gambut yang mengalami kebakaran.

“Hari ini kami (Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan) bersama Kementerian Kehu­tanan dan Lingkungan Hidup, Pemerintah Provinsi Kalsel, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Nasional dan Gapki (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) melakukan giat pemadaman kebakaran lahan gambut di Kalsel,” jelas Andi saat meninjau sekaligus melaku­kan pemadaman kebakaran lahan di Desa Syamsudin Noer, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, kemarin.

Baca juga : Selamatkan Sawit, Kementan Terjun Padamkan Kebakaran Lahan Di Kalsel

Andi tidak ingin kebakaran lahan di Kalsel ini meram­bat ke lahan sawit. Untuk itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementan, dengan tetap melalui koordinasi bersama dengan KLHK sebagai leading sector dalam penanganan keba­karan ini, memberikan dukungan agar kebakaran cepat padam dan tidak merambah lahan perkebunan sawit.

Dalam giat ini, pihaknya memberikan bantuan 10 unit pompa air untuk mempercepat pemadaman kebakaran lahan.

“Perkebunan sawit rakyat ha­rus sedini mungkin kita selamat­kan dari kebakaran, mengingat sawit Provinsi Kalsel salah satu penyumbang perekonomian,” sebut jebolan Teknik Pertanian Universitas Gajah Mada dan Magister Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung ini.

Baca juga : Isu Duet Prabowo-Ganjar Layu Sebelum Berkembang

Pihaknya tidak henti-hentinya mengingatkan kepada selu­ruh stakeholder perkebunan untuk tetap waspada dan dapat mempersiapkan upaya-upaya pencegahan atau antisipasi.

Dengan begitu, hasil produksi atau hasil panen perkebunan tetap terjaga mutu dan kualitas­nya, serta ketersediaan bahan baku aman terkendali.

Pada tahun 2022 dan 2023, Kementan memberikan bantuan sarana berupa 431 unit pompa pemadam kebakaran untuk Di­nas Perkebunan Provinsi/Kabu­paten serta KTPA (Kelompok Tani Peduli Api).

Baca juga : KPU Kurang Responsif

KTPA ini berada di daerah prioritas rawan terjadinya Kar­hutla. Yaitu di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Timur, Kaliman­tan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 5/10/2023 dengan judul Musim Kemarau Belum Berakhir, Waspadai Kebakaran Hutan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.