Dark/Light Mode

Leaders Dialogue BEM FEB UI

Bamsoet Ingatkan, Pimpinan Harus Mampu Beri Pengaruh Positif

Kamis, 5 Oktober 2023 20:42 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan, esensi kepemimpinan adalah ketika seorang pimpinan membawa pengaruh positif bagi orang-orang yang dipimpinnya. Kepemimpinan juga dimaknai sebagai pemberdayaan, ketika pemimpin dituntut memiliki kapabilitas dan kompetensi untuk menggali dan memberdayakan seluruh potensi SDM yang dipimpinnya.

"Di sisi lain, esensi dari kepemimpinan juga dimaknai sebagai mengabdi dan melayani. Bukan sebaliknya, minta dilayani, sebagaimana telah menjadi konsep yang salah kaprah dan lazim terjadi dalam lingkungan birokrasi," ujar Bamsoet, saat menjadi pembicara secara daring dalam The 22nd Leaders Dialogue, yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (BEM FEB UI), di Jakarta, Kamis (5/10).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, para generasi muda dapat banyak belajar mengenai konsep kepemimpinan dari berbagai tokoh dunia yang melegenda. Misalnya, Napoleon Bonaparte, seorang jenderal, Kaisar Prancis, dan salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah Eropa. Napoleon memaknai pemimpin adalah “penyalur harapan”. Dengan menumbuhkan harapan, Napoleon tidak hanya mendapatkan kepercayaan, melainkan juga mampu menginspirasi dan memobilisasi pengikutnya.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan TNI Pertahankan Netralitas di Tahun Politik

"Contoh lain, Mahatma Gandhi, seorang pemimpin spiritual dan politikus India, yang memandang bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk merangkul orang-orang. Pandangan humanis Gandhi yang dibalut dengan kesederhanaan dan kesahajaannya, mampu menyentuh relung hati terdalam dari para pengikutnya dan menginspirasi begitu banyak masyarakat dunia," kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, jika ingin menggali lebih dalam untuk mempelajari nilai-nilai kearifan lokal, begitu banyak aspek dan dimensi yang dapat dipelajari untuk memaknai konsep kepemimpinan yang sangat inspiratif dan memiliki muatan wawasan kebangsaan. Nilai-nilai kearifan lokal tersebut dapat dirujuk pada konsep kepemimpinan sebagaimana diajarkan oleh tokoh pendidikan nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Bamsoet menerangkan, Ki Hajar Dewantara memiliki tiga butir pemikiran yang begitu holistik dan komprehensif. Bahkan masih sangat relevan dan kontekstual untuk kita jadikan pedoman. Pertama, ing ngarso sung tuloho yang dimaknai di depan memberikan teladan. Seorang pemimpin harus dapat menjadi teladan, memberikan contoh yang baik, seia sekata antara perkataan dan perbuatan.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Kepemimpinan Digital

“Sebagaimana pepatah, bahwa satu tindakan yang dicontohkan, jauh lebih bernilai dibandingkan dengan seribu perkataan yang diucapkan. Keteladanan pimpinan inilah yang pada akhirnya akan melahirkan loyalitas," kata Bamsoet. 

Dosen Pembaharuan Hukum Nasional dan Politik Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Borobudur ini menambahkan, pemikiran kedua Ki Hadjar Dewantara adalah ing madyo mangun karso. Konsep ini mengamanatkan agar seorang pemimpin harus mampu berkerja sama dengan orang-orang yang dipimpinnya. Kehadiran pimpinan di tengah-tengah rakyat, berperan penting dalam membangun motivasi dan membangkitkan semangat juang rakyat yang dipimpinnya.

Ketiga adalah tut wuri handayani. Konsep ini meniscayakan agar seorang pemimpin harus mampu memberikan dorongan moral, memberikan kepercayaan kepada seluruh anak buahnya untuk maju dan berkembang. Karena pada hakikatnya, peran pemimpin bukan untuk sekedar melahirkan para pengikut, tetapi 'memberdayakan.

Baca juga : Bamsoet Raih Penghargaan Pimpinan Lembaga Peduli Konstitusi

"Saya meyakini dengan segala karakteristik kepemimpinan yang bersumber dari nilai-nilai kearifan lokal, maka dengan sendirinya akan terjalin relasi kohesi yang kuat antara pemimpin dengan orang-orang yang dipimpinnya. Dalam kondisi ini, kepemimpinan tidak sekedar menginspirasi, tetapi juga berimplikasi pada lahirnya kepercayaan dan loyalitas," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.