Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPD Belum Usulkan Nama, Paripurna MPR Sore Ini Tak Bisa Tetapkan Pimpinan

Rabu, 2 Oktober 2019 17:16 WIB
Kompleks Parlemen/Ilustrasi (Foto: Antara)
Kompleks Parlemen/Ilustrasi (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sidang Paripurna MPR sore ini (Rabu, 2/10), sudah menetapkan susunan fraksi-fraksi di lembaganya. Namun, untuk agenda penetapan pimpinan definitif masih ditunda karena kelompok DPD belum mengusulkan nama.

Sidang Paripurna MPR yang dipimpin pimpinan sementara Abdul Wahab Dalimunthe (anggota tertua) dan Hillary Brigitta Lasut diwarnai interupsi sejak awal. Terutama soal agenda pemilihan pimpinan karena, DPD belum mengusulkan satu nama.

Pimpinan sidang kemudian menawarkan kepada peserta untuk membaca dan menetapkan komposisi susunan fraksi di MPR. PDIP lewat juru bicaranya TB Hasanuddin menyatakan bahwa ketua Fraksi PDIP MPR adalah Ahmad Basarah. Sementara sekretaris Fraksi PDIP di MPR adalah TB Hasanuddin.

Baca juga : Kerusuhan Wamena, Polisi Tetapkan 5 Tersangka

Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR adalah Zainudin Amali, dan sekretarisnya Idris Laena. Ketua Fraksi PKB adalah Jazilul Fawaid, Sekretaris Marhamah. Ketua Fraksi Partai Nasdem MPR Johnny Gerard Plate, Sekretaris Syarif Abdullah Alkadrie. Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR Riza Patria, Sekretaris El Nino.

Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR Guntur Sasono. Ketua Fraksi PKS MPR Tifatul Sembiring, Sekretaris Johan Rosihan. Ketua Fraksi PAN MPR Alimin, Sekretaris Saleh Partonan Daulay. Ketua Fraksi PPP MPR Arwani Thomafi, Wakil Ketua Saifullah Tamliha. 

Sementara, DPD masih akan rapat untuk memilih komposisi fraksi di MPR. Dalam sidang, salah satu anggota DPD sudah sempat membacakan susunan ketua dan sekretaris, tetapi kemudian diinterupsi senator lain. Alasannya, DPD belum pernah membahas dan memutuskan nama untuk duduk mewakili senator.

Baca juga : Rel Dikerubuti Warga, KRL Tak Bisa Melintas Stasiun Palmerah

“Berdasarkan jadwal dan kegiatan di DPD RI yang kami baca dan kami ketahui. Sampai saat ini DPD belum memutuskan kelompok DPD RI di MPR. Rencananya hari ini pembentukan kelompok DPD RI di MPR akan kami lakukan,” kata anggota DPD dari Jawa Timur Ahmad Nawardi.

Anggota DPD Ajib Padindang mendukung Nawardi. “Izinkan kami kembali ke kelompok DPD di MPR untuk menyelesaikan internal,” katanya.

Pimpinan sementara akhirnya memutuskan menetapkan sembilan komposisi fraksi MPR dari DPR. Pimpinan menetapkan fraksi DPD tetapi minus personelnya karena masih akan dilakukan pemilihan di internal DPD.

Baca juga : Menhan Doakan Generasi Muda Papua Kelak Banyak Jadi Pemimpin

“Fraksinya ada, tetapi personelnya belum ada. Kita tetapkan saja fraksi DPD-nya. Jadi, kalau demikian, sudah jelas tadi yang dilaporkan juru bicara sembilan dari partai politik dan satu dari DPD (minus personel). Setuju?” kata Wahab. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.