Dark/Light Mode

Inovasi Teknologi PHE Diharap Makin Ramah Lingkungan

Kamis, 26 Oktober 2023 19:02 WIB
Anggota Komisi VII DPR Abdul Kadir Karding. Foto: Istimewa
Anggota Komisi VII DPR Abdul Kadir Karding. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VII DPR Abdul Kadir Karding menilai positif pemberian empat penghargaan di Taiwan Innotech EXPO kepada PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Sub Holding Upstream Pertamina.

Menurut Karding, penghargaan tersebut merupakan pengakuan bahwa PHE mampu menerapkan teknologi inovatif, yang tidak hanya meningkatkan produksi, tetapi juga lebih ramah lingkungan.

"Tentu membanggakan, karena penghargan tersebut merupakan prestasi dan pengakuan internasional kepada PHE. Dalam hal ini, PHE tidak hanya menunjukkan peran dalam menjaga ketahanan energi, namun sekaligus kemampuan dalam menerapkan teknologi inovatif yang lebih hijau," kata Karding kepada wartawan, Kamis (26/10/2023).

Baca juga : Inovasi Berkelanjutan, PHE Jambi Merang Gulirkan Program Kelas Berbagi

Sebagai anggota Komisi VII, Karding memang berharap, berbagai inovasi teknologi PHE akan semakin ramah lingkungan. Hal ini penting, termasuk dalam mengejar target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

"Saya memang mendengar bahwa saat ini PHE sudah menerapkan teknologi yang mampu mengurangi emisi karbon. Untuk itu, kami di Komisi VII akan mendorong PHE agar terus meningkatkan peran sebagai green industry. Kami akan mengawasi," kata dia.

Melalui inovasi teknologi yang lebih hijau, jelas Karding, akan membuat PHE mampu bersaing dengan kompetitornya, baik di kawasan regional maupun internasional.

Baca juga : Anggika Bolsterli, Happy Dijodohin Dengan Rangga

Terlebih, ke depan, salah satu indikator daya saing adalah penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) di berbagai industri.

"Termasuk industri migas tentu saja, antara lain melalui penerapan inovasi teknologi hijau tadi," kata dia.

Tidak hanya lebih ramah lingkungan. Karding juga berharap, berbagai inovasi teknologi, akan membuat PHE lebih efisien.

Baca juga : Kementan Galakkan Metode Pengendalian Ramah Lingkungan

Dengan demikian, keuntungan yang didapat juga akan semakin tinggi. "Dan pada gilirannya, kontribusi terhadap penerimaan negara juga terus meningkat," kata dia.

Sebelumnya, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina berhasil menyabet penghargaan Taiwan Innotech Expo (TIE) 2023 yang diselenggarakan pada 12-14 Oktober 2023 di Taiwan World Trade Center, Taipei.

Taiwan Innotech Expo 2023 merupakan salah satu pameran inovasi di Asia. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 600 peserta dari 23 negara. Ajang tersebut bertujuan untuk memamerkan kemampuan teknologi inovatif, menciptakan peluang bisnis internasional, dan mendorong transformasi industri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.