Dark/Light Mode

Kasus Cacar Monyet Meningkat

Awas, Wabah Jelang Pemilu

Minggu, 5 November 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi IX DPR Nurhayati Effendi. (Foto: Ist)
Anggota Komisi IX DPR Nurhayati Effendi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR Nurhayati Effendi mendorong kebijakan vaksinasi untuk mencegah penyebaran kasus cacar monyet atau monkey pox (Mpox) yang meningkat belakangan ini. Vaksinasi akan sangat efektif menangkal penyakit cacar monyet.

“Vaksinasi ini tentu sangat diperlukan untuk menangkal penyakit cacar monyet. Karena itu, kami berharap Pemerintah dapat segera melakukan vaksi­nasi untuk mencegah perluasan kasus cacar monyet ini,” kata Nurhayati, kemarin.

Baca juga : Latihan Gamelan Jelang Peringati Sumpah Pemuda

Nurhayati juga meminta ma­syarakat dapat terus melak­sanakan pola hidup bersih dan se­hat. Hindari kontak fisik dengan pasien cacar monyet. “Sebagai langkah pencegahan, tentunya kita harus menghindari kontak fisik dengan pasien cacar monyet ini. Dan, terus meningkatkan imunitas tubuh dengan menjaga pola makan yang bergizi seimbang,” jelasnya.

Politisi Fraksi PPP ini mengakui Pemerintah telah banyak melakukan antisipasi penyebaran kasus cacar monyet. Ke­menterian Kesehatan (Kemenkes) juga sudah gencar mem­berikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat terhadap penyakit ini.

Baca juga : 2 Pasien Cacar Monyet Sudah Diisolasi, Dinkes Tangsel Minta Warga Nggak Panik

“Sudah banyak anjuran dan langkah yang dilakukan Pemerintah dalam antisipasi cacar monyet ini seperti banyaknya imbauan dari Kemenkes melalui laman Kemenkes. Tetapi lebih penting lagi adalah masyarakat harus cerdas melalukan pencegahan untuk tidak tertular,” tambah Nurhayati.

Sementara, anggota Komisi IX DPR Darul Siska mendo­rong pemerintah agar lebih memasifkan sosialisasi ke­pada masyarakat tentang ba­haya penyakit ini. Sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan dapat melakukan pencegahan lebih terhadap penularan penyakit ini.

Baca juga : Prof Tjandra Prihatin Kasus Cacar Monyet Meningkat, Ini 9 Langkah Pencegahannya

“Kita mendorong pemerintah agar membuat masyarakat itu waspada, dan juga mereka tahu bagaimana menjaga diri jangan sampai tertular cacar monyet,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.