Dark/Light Mode

Kasus Cacar Monyet Meningkat

Awas, Wabah Jelang Pemilu

Minggu, 5 November 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi IX DPR Nurhayati Effendi. (Foto: Ist)
Anggota Komisi IX DPR Nurhayati Effendi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dia menegaskan, sosialisasi dan pencegahan masif ini ha­rus menjadi salah satu program prioritas Pemerintah. Kebijakan yang efektif dan pencegahan dini harus dijalankan sebaik mungkin untuk mencegah penyakit ini jangan sampai memicu wabah.

“Apalagi sebentar lagi kan orang mau pemilu. Jangan sam­pak karena kasus cacar ini, orang takut mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tambahnya.

Baca juga : Latihan Gamelan Jelang Peringati Sumpah Pemuda

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Mel­kiades Laka Lena mengingatkan pentingnya kebijakan antisipasi terhadap kemunculan penya­kit cacar monyet ini. Apalagi, jumlah penderitanya semakin bertambah dan beberapa orang di antaranya terdeteksi sudah keluar Jakarta.

Untuk itu, ia menekankan perlunya sosialisasi masif oleh kementerian/lembaga tentang penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox tersebut. Sebab, selama ini pemahaman masyara­kat tentang cacar monyet masih kurang, sehingga penyebarannya semakin meningkat.

Baca juga : 2 Pasien Cacar Monyet Sudah Diisolasi, Dinkes Tangsel Minta Warga Nggak Panik

“Ini yang perlu kita pertegas, kita perkuat lagi ke depan. Se­hingga kesehatan lebih intensif lagi bersama aparat dan petugas kesehatan dan berbagai pihak terkait untuk mensosialisasi­kan tentang bagaimana mema­hami penyakit ini, pencegahan, maupun pengobatannya nanti,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 5/11/2023 dengan judul Kasus Cacar Monyet Meningkat, Awas, Wabah Jelang Pemilu

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.