Dark/Light Mode

Ribka Tjiptaning Apresiasi Buku Biografi Marinus Gea

Minggu, 26 November 2023 17:56 WIB
Anggota DPR Ribka Tjiptaning mengapresiasi buku milik Marinus Gea berjudul Marinus Gea, Kepingan Kisah Anak Petani Karet yang diluncurkan, Sabtu (25/11/2023). Foto: Istimewa
Anggota DPR Ribka Tjiptaning mengapresiasi buku milik Marinus Gea berjudul Marinus Gea, Kepingan Kisah Anak Petani Karet yang diluncurkan, Sabtu (25/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR Ribka Tjiptaning mengapresiasi buku milik Marinus Gea berjudul Marinus Gea, Kepingan Kisah Anak Petani Karet yang diluncurkan, Sabtu (25/11/2023).

Ribka, mengenal Marinus Gea cukup lama, sesama politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu disebut ramah dan bersahaja.

"Marinus pernah sama-sama di DPR waktu di Komisi IX. Aku lihat sih orangnya bersahaja, cukup ramah. Ya cuman kadang banyak guraunya, sehingga suka susah membedakan ini lagi serius atau nggak, tapi saat kepepet ya dia bisa serius," ujar Ribka saat acara peluncuran buku.

Politisi Banteng di Senayan itu menceritakan pengalamannya saat pertama Marinus Gea mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI di dapil Banten III.

"Nah aku tahu Marinus kan ketika aku menjadi pimpinan DPD Banten ya, waktu itu Maruar Sirait yang titip Marinus ke aku untuk jadi caleg nih, tapi aneh Marinus ini, waktu itu dia ditaruh di nomor 9 di Banten 3," kenangnya.

Baca juga : Swarna 2023: Malam Apresiasi Gerakan Seniman Masuk Sekolah

Menurutnya, nomor urut 9 itu susah dalam menyosialisasikan ke masyarakat. Berbeda dengan nomor 10. Sekalipun nomor besar, tetapi paling akhir dan ada di paling bawah surat suara. Kenangnya, justru Marinus kekeuh berada di nomor 9.

"Waktu itu aku mau naikin dia di nomor 8 karena ada yang mengundurkan diri. Tapi aneh, ini orang bisa menang. Ya itu, karena hebat Marinus dan timnya," tuturnya.

Lebih lanjut, Ribka Tjiptaning mengaku jika sosok Marinus Gea memiliki daya tawar tinggi sehingga mampu menang di Banten III meskipun caleg yang pertama.

"Kalau Marinus terpilih di Nias hal yang biasa ya kan. Namun Banten 3 untuk seorang Marinus yang dari Nias ya kan itu hal yang cukup prestasi buat bukan hal yang mudah tapi marinus bisa mencapai itu," ucapnya.

Selain itu, Ribka Tjiptaning juga sampaiakan jika Marinus Gea sosok yang disiplin dalam berorganisasi. Hal itu dinilai oleh Ribka saat keduanya pernah bersama-sama di Komisi IX DPR RI.

Baca juga : Ribuan Milenial Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

"Cukup disiplin ya serius di dalam berorganisasi, dia rajin dalam rapat-rapat. Karena aku tahu waktu aku juga pegang Banten dan sekarang pun dia jadi bendahara DPD partai juga rajin dalam kegiatan-kegiatan rapat internal partai maupun di luar partai," tandasnya.

Selain itu, Ribka Tjiptaning berharap agar Marinus Gea tetap menjadi sosok yang humble dan terus menjadi berkat bagi banyak orang.

"Marinus, harus jadi pemimpin yang tetap menjadi Marinus apapun kok Tuhan angkat kamu menjadi orang yang nanti di atas tidak boleh berubah tetap menjadi Marinus yang tetap yang kukenal dulu marinus begitu ya marinus," harap Ribka.

Dalam buku itu, diceritakan tentang perjalanan hidup Marinus Gea sejak kecil hingga bisa menjadi seperti sekarang sebagai anggota DPR RI karena masuk di PDIP.

Mulai dari Marinus kecil yang selalu melakukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Semua itu diajari oleh orang tuanya sejak dini.

Baca juga : PTPP Berikan Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa Uniku

"Mereka mendidik saya melakukan pekerjaan-pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan. Mereka juga mendidik saya untuk menghormati dan tahu adat istiadat orang Nias. Mereka juga tidak lupa menyekolahkan saya sampai saya bisa ada hari ini," kata Marinus.

Anggota DPR RI Komisi XI tersebut mengatakan, bekerja keras bukanlah hal yang tabu baginya. Apa yang diajarkan orangtuanya telah mengantarkannya meraih kesuksesan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.