Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Optimalkan Momentum Akhir Tahun, BNI Dorong Pengembangan UMKM

Minggu, 3 Desember 2023 19:39 WIB
BNI sebagai bank milik negara proaktif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih kuat pada akhir tahun. (Foto: Ilustrasi BNI)
BNI sebagai bank milik negara proaktif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih kuat pada akhir tahun. (Foto: Ilustrasi BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai bank milik negara proaktif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih kuat pada akhir tahun.

Hal ini diwujudkan dengan penguatan dan pengembangan sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menjelaskan perseroan berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif secara berkelanjutan dalam upaya membangun negeri, termasuk dalam mempercepat pertumbuhan UMKM.

“Memanfaatkan momentum akhir tahun ini, BNI terus mendorong penguatan segmen UMKM dengan menyediakan berbagai produk dan layanan yang dirancang khusus, termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). BNI juga konsisten memberikan berbagai pelatihan dan bimbingan untuk membantu UMKM dalam mengelola usaha mereka dengan lebih efisien serta jeli dalam melihat peluang,” kata Okki dalam keterangannya, Minggu (3/12/2023).

Baca juga : Terima Pengurus Himperra, Bamsoet Dorong Pemerataan Pembangunan Rumah Tinggal

Okki menjelaskan, sampai dengan September 2023, BNI tercatat telah menyalurkan pembiayaan untuk segmen UMKM sebesar Rp118,3 triliun kepada lebih dari 1,61 Juta UMKM.

BNI tetap berkomitmen untuk menyalurkan sesuai alokasi plafon KUR yang diberikan oleh pemerintah sampai dengan akhir tahun ini.

Lebih lanjut Oki menjelaskan, BNI juga berupaya membantu UMKM agar mampu berkembang dan berekspansi baik secara nasional maupun global melalui program Xpora BNI.

Melalui Xpora, BNI menyediakan solusi perbankan yang mendukung peningkatan kapasitas UMKM, pendampingan proses ekspor-impor, termasuk berbagai ragam produk trade finance.

Baca juga : Teten Optimistis Industri EV Indonesia Ciptakan Ekonomi Baru Dan Peluang UMKM

BNI juga memberikan akses ke jaringan bisnis dan bimbingan untuk mempersiapkan UMKM menghadapi tantangan pasar global (business matching).

"BNI juga melakukan sejumlah inovasi dan transformasi untuk mendukung UMKM menembus pasar global," tutur Okki.

Hal ini menurutnya, dilakukan dengan memanfaatkan kekuatannya pada kantor cabang luar negeri yang dimiliki di pusat-pusat perdagangan dunia.

Okki menjelaskan, salah satu aspek kunci dalam pengembangan UMKM di era modern.

Baca juga : Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Kakao

BNI telah mengembangkan berbagai layanan perbankan digital, termasuk aplikasi perbankan mobile dan internet banking, untuk memudahkan UMKM dalam mengelola keuangan mereka.

Menurutnya, BNI juga memberikan pelatihan dan akses ke pembiayaan untuk mendukung transformasi digital bisnis UMKM.

"Kami ingin melihat pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan, berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional dan pencapaian UMKM Indonesia dalam skala nasional dan internasional," pungkas Okki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.