Dark/Light Mode

Gobel: Milenial, Andalan Kemajuan Gorontalo

Sabtu, 9 Desember 2023 08:43 WIB
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat berdialog dengan kaum milenial yang mengikuti lomba video pariwisata Gorontalo, Jumat (8/12/3023). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat berdialog dengan kaum milenial yang mengikuti lomba video pariwisata Gorontalo, Jumat (8/12/3023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel mengajak kaum milenial Gorontalo, untuk bahu membahu memajukan dan menyejahterakan kampung halamannya.

“Kaum milenial adalah andalan bagi kemajuan Gorontalo. Jumlahnya sangat besar, sehingga perannya menjadi sangat menentukan,” kata Gobel, saat berdialog dengan kaum milenial yang mengikuti lomba video pariwisata Gorontalo, Jumat (8/12/3023).

Lomba ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Gobel, saat menjadi pembicara dalam kegiatan promosi pariwisata yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, pada 16 November 2023.

Pengumuman lomba dipublikasikan pada 18 November 2023, dan hanya berlangsung selama sepekan. Pemenangnya, sudah diumumkan pada 25 November 2023. Ada sekitar 99 peserta yang mengikuti lomba ini.

Meski waktunya sangat singkat, kaum milenial sangat antusias mengikutinya. Dari jumlah itu, ada juara 1, 2, dan 3. Serta 20 juara harapan.

Baca juga : Wapres: Perwakafan Indonesia Terus Alami Kemajuan

Pada kesempatan itu, Gobel memberikan sertifikat penghargaan kepada para juara. Sementara para peserta, memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan aspirasinya kepada Gobel.

Juara pertama adalah @sagistiyani, juara kedua @gabysopaheluwakan, dan juara ketiga @revkal_tahala.

Dalam lomba tersebut, para peserta diminta membuat video tentang destinasi-destinasi pariwisata di Gorontalo. Seperti Pantai Tamendao Kota Gorontalo, Menara Limboto Kabupaten Gorontalo, Danau Perintis Kabupaten Bone Bolango, Pantai Bolihutuo Kabupaten Boalemo, dan Kampung Bajo Torosiaje Kabupaten Pohuwato.

“Gorontalo sangat kaya. Alamnya indah, budayanya menarik, kulinernya nikmat, dan tangan-tangan Gorontalo sangat kreatif,” kata Gobel.

Dengan semua potensi itu, Gobel yakin, Gorontalo bisa berkembang maju, jika semua pihak bisa bekerja bahu-membahu. Terutama, kaum milenial.

Baca juga : Dubes Sujiro Seam Ajak Anak Muda Belajar Ke Uni Eropa

“Pariwisata Gorontalo bisa maju seperti Bali, jika dikelola dengan baik,” katanya.

Karena itu, Gobel mengajak kaum milenial Gorontalo untuk mengeluarkan semua kemampuannya, dalam membangun kampung halaman.

Saat ini, Gobel tengah menyiapkan replika kapal VOC, yang dibuat dari tembaga. Replika sepanjang 8 meter itu diletakkan di Danau Perintis.

“Mengapa bukan kapal phinisi? Mengapa justru kapal VOC? Karena kita ingin mengenang, bahwa jika kita tak maju, maka kita bisa dijajah kembali. Tentu, penjajahannya dalam bentuk lain. Jadi, ini menjadi semacam peringatan dan penyemangat,” papar Gobel.

Pada kesempatan itu, salah seorang peserta meminta kepada Gobel, agar memberikan pelatihan Bahasa Inggris kepada para pedagang di Pantai Tamendao.
“Karena ada turis asing yang datang,” katanya.

Baca juga : Gandeng Pengadaan.com, Askrindo Mudahkan Pengajuan Surety Bond Nasabah

Dulunya, Pantai Tamendao merupakan pantai yang kumuh. Namun, setelah ditata Gobel, Pantai Tamendao menjadi destinasi wisata paling ramai.

Kawasan ini sangat cocok untuk melihat matahari terbenam di balik bukit di ujung pantai. Mereka juga meminta, agar Gobel meneruskan lomba semacam ini kembali digelar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.