Dark/Light Mode

Saran Legislator Di Konferensi COP28 Dubai

Perempuan Bisa Jadi Ujung Tombak Penanganan Iklim

Rabu, 13 Desember 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti saat menjadi pembicara dalam KTT COP28 di Dubai, UEA. (ANTARA/Dokumentasi pribadi)
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti saat menjadi pembicara dalam KTT COP28 di Dubai, UEA. (ANTARA/Dokumentasi pribadi)

 Sebelumnya 
Esti yakin, hadirnya perem­puan di politik dan pemerin­tahan akan dapat menjadi ujung tombak penanganan peruba­han iklim. Terlebih, beberapa penelitian menunjukkan perem­puan cenderung memikirkan dampak jangka panjang dari adanya sebuah kebijakan.

Keyakinan ini dilatari multi­peran yang dijalani perempuan saat ini, baik sebagai politisi, anggota rumah tangga, serta ibu. Selain itu, kaum hawa juga mampu mendidik generasi masa depan, di mana perubahan dimu­lai dari rumah.

Baca juga : UNFPA-BKKBN Diskusikan Realisasi Hak Perempuan dan Penanganan Stunting

“Perempuan memainkan peran penting seperti kutipan ‘ketika Anda mendidik seorang laki-laki, anda mendidik seorang laki-laki. Namun, ketika Anda mendidik seorang perem­puan, anda mendidik seluruh generasi,” sebut Esti.

Esti juga menegaskan, target tujuan pembangunan berkelan­jutan telah memberikan kesem­patan besar bagi perempuan. Dalam hal ini mengarah pada kesetaraan gender dan pember­dayaan perempuan, serta me­mastikan akses terhadap energi berkelanjutan, modern yang terjangkau dan dapat diandalkan untuk semua.

Baca juga : 10 Kursi Petahana Jadi Rebutan Wamen, Pentolan Dewa

Untuk itu, dia mendorong upaya perubahan yang lebih sistemik untuk mengurangi kesenjangan di dalam dan antar negara. “Tentu diperlukan kerja sama lintas sektor dengan penuh semangat gotong royong,” ujarnya.

Lebih lanjut, Esti mengung­kapkan kontribusi Indonesia dalam mengatasi bencana global akibat perubahan iklim. Salah satunya, hadirnya program penerangan jalan umum tenaga surya di wilayah Gresik dan Lamongan, Jawa Timur, yang baru-baru ini diresmikan Komisi VII DPR bersama mitra.

Baca juga : Sinergi BUMN di COP28 Dubai, PLN dan PTBA Kerja Sama Manfaatkan FABA PLTU

“Terbukti, program tersebut tidak hanya membantu kebutu­han masyarakat. Namun juga dibutuhkan kerja sama yang cukup intens dari lintas instansi,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 13/12/2023 dengan judul Saran Legislator Di Konferensi COP28 Dubai, Perempuan Bisa Jadi Ujung Tombak Penanganan Iklim

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.