Dark/Light Mode

Ada Program Indonesia Pintar

Hore, Orang Asli Papua Bisa Sekolah Sampai Universitas

Jumat, 29 Desember 2023 07:30 WIB
Anggota Komisi X DPR Robert J Kardinal. (Foto: Antara)
Anggota Komisi X DPR Robert J Kardinal. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Jika semua masyarakat Pap­ua dapat menikmati akses pen­didikan dari SD hingga kuliah, tentu sumber daya manusia di Papua bisa ditingkatkan. Papua bukan lagi daerah tertinggal dari kawasan lainnya,” jelas eks Ketua Fraksi Golkar ini.

Dia menjelaskan, kuota dana aspirasi KIP yang telah berhasil diperjuangkannya untuk maha­siswa pada tahun 2023 ini berjum­lah 500 orang. Sementara, selama duduk di Komisi bidang pendidi­kan DPR ini, setidaknya sudah ada sekitar 1.250 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi telah mendapatkan program ini.

Baca juga : Pupuk Indonesia Pupuk Bersubsidi Hanya Bisa Ditebus Di Kios ResmiĀ 

Sedangkan untuk bantuan pendidikan dari SD sampai SMA/SMK, terrealisasi hampir mencapai 60.000 orang.

“Tentu kita berharap bantuan KIP untuk siswa dan mahasiswa di Provinsi Papua Barat Daya diperbesar kuotanya. Jangan lagi ada masyarakat Papua yang tidak mendapatkan pendidikan gara-gara terkendala dana,” tegasnya.

Baca juga : Diaspora Indonesia Di Eropa Nilai Ganjar Paling Menonjol Saat Debat Perdana

Robert berharap agar distribusi program KIP ini bisa lebih diting­katkan. Sebab hasil temuannya di lapangan, terdapat beberapa persoalan. Terutama dalam hal adiministrasi sehingga pencairan dana KIP ini tidak tepat waktu.

“Tapi mudah-mudahan ma­salah ini bisa diatasi ke depan­nya,” harapnya.

Baca juga : Eks Pegawai KPK Harap Indonesia Dipimpin Presiden Yang Komit Berantas Korupsi

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 29/12/2023 dengan judul Ada Program Indonesia Pintar, Hore, Orang Asli Papua Bisa Sekolah Sampai Universitas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.