Dark/Light Mode

Teknologi Pembobol Data Makin Canggih

DPR Ingin BSSN Diperkuat

Rabu, 3 Januari 2024 07:20 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono. (Foto: Antara)
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menilai kinerja Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sepanjang tahun 2023 sudah cukup optimal. Namun, Badan yang dipimpin Hinsa Siburian ini diharapkan tidak kalah canggih dari pembobol data digital alias hacker.

Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Lak­sono mengatakan, kinerja BSSN tidak bisa hanya dilihat dari berbagai insiden kebocoran data yang berkaitan dengan dunia siber.

“Harus dilihat juga kemam­puan BSSN itu sendiri. Baik dalam investasi yang digelon­torkan Pemerintah, regulasi dan juga otoritas BSSN,” katanya.

Dave bilang, sebenarnya BSSN telah bekerja optimal di bawah kepemimpinan Hinsa Siburian. Namun, masih banyak ruang yang perlu diperbaiki BSSN dalam meningkatkan per­formanya. Antara lain, perbaikan infrastruktur, penguatan kapasi­tas sumber daya manusia (SDM) dan juga teknologi inovasi.

Baca juga : Ini Sumber Dana Program Makan Siang Dan Susu Gratis Prabowo

“Perkuat eksistensi BSSN sebagai lembaga negara yang menjalankan fungsi di bidang persandian negara, keamanan informasi, pengamanan tele­komunikasi berbasis internet,” tegas politisi Fraksi Golkar ini.

Dave menyarankan BSSN melakukan kerja sama dengan lembaga luar yang tujuannya memperkuat BSSN itu sendiri. Kerja sama ini bisa dalam hal transfer teknologi, mengasah kemampuan atau bertukar piki­ran. Namun, kerja sama tetap dalam batasan, dalam arti tidak mengekspos kelemahan BSSN.

“BSSN sudah berjalan ke arah yang tepat. Sekarang tinggal Pemerintah memberi­kan dukungan, baik dari otoritas, anggaran, dan juga sisi SDM serta infrastruktur. Jadi, fungsi BSSN bisa lebih optimal,” katanya.

Tidak kalah penting, sambung Dave, BSSN juga mesti berpikir panjang ke depan untuk mendo­rong digitalisasi di dalam negeri. Baik dalam bentuk digital farm, digital economy, hingga kemam­puan mengembangkan bidang siber sekuriti.

Baca juga : Tangani Kebocoran Data KPU, Akun Pengguna Sidalih Dinonaktifkan

BSSN bisa berkontribusi be­sar dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur dunia digital dan menyokong pertum­buhan ekonomi digital dalam negeri.

“Ini akan membuat Indonesia menjadi negara yang jauh lebih siap menghadapi kemajuan dan perkembangan zaman,” ung­kapnya.

Seiring perkembangan teknologi, lanjutnya, kemampuan hacker untuk membobol data digital dalam negeri akan se­makin canggih. Begitu juga di dunia internet dan pempro­graman, tentu sandi atau bahasa pemprograman akan semakin berkembang juga.

“Nah, di situ BSSN harus lebih pro aktif mencari dan mengembangkan teknologi dalam menangkal serangan-serangan siber dari luar,” tam­bahnya.

Baca juga : Anggota DPRD Batam Main Candy Crush Jelang Rapat

Untuk tahun 2024, lanjut Dave, BSSN harus menyiapkan keamanan digital untuk me­mastikan pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan lancar. Apa­lagi besar kemungkinan Pilpres 2024 ini akan berlangsung satu putaran.

“Kalau bisa satu putaran berarti kita persiapan menuju Pilkada, pelantikan-pelanti­kan, pembentukan kabinet dan pemerintahan yang baru. Na­mun, jangan sampai lupa untuk memperkuat posisi digitalisasi dan siber sekuriti kita, jangan sampai lengah,” wantinya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 3/1/2024 dengan judul Teknologi Pembobol Data Makin Canggih, DPR Ingin BSSN Diperkuat   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.