Dark/Light Mode

Pelunasan Bipih Diperpanjang Hingga 23 Februari

Masih Terlalu Singkat, Awas Kuota Tak Terpakai

Sabtu, 17 Februari 2024 07:10 WIB
Anggota Komisi VIII DPR John Kenedy Azis. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VIII DPR John Kenedy Azis. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
“Akibatnya apa, banyak kuota yang tidak terpakai. Itu yang kita khawatirkan. Kita capek-capek dapat kuota, Alhamdulillah ada penambahan kuota, 20 ribu, seharusnya Pemerintah memaksi­malkan itu. Jangan sampai tidak terpakai, karena antrean jemaah haji sudah begitu panjang, ada yang 46-47 tahun antreannya,” ingatnya.

Untuk itu, dia berharap pengalaman tahun-tahun sebelumnya di mana tak sedikit kuota jemaah tidak termaksimalkan karena persoalan biaya, tidak terjadi di tahun ini. “Ya, saran saya harus diperhitungkan secara matang antara tanggal-tanggal pelunasan itu dengan tanggal -tanggal pem­berangkatan kloter pertama,” harapnya.

Baca juga : Industri Manufaktur Kita Dan Berdaya Saing Mendunia

Selain itu, sambung dia, kuota haji reguler yang ada saat ber­jumlah 241 ribu, kurang 8 persen untuk Jemaah Haji plus ha­rus benar-benar dimaksimalkan. “Jangan sampai ada kuota yang tidak terpakai. Sayang, gitu kan,” tambahnya.

Sementara itu, Jubir Kementerian Agama Anna Hasbie mengatakan, Ditjen PHU me­mutuskan memperpanjang masa pelunasan Bipih jemaah reguler hingga 23 Februari 2024. Masa pelunasan Tahap I Bipih 1445 H sudah dibuka sejak 10 Januari 2024. Proses ini awalnya ter­jadwal akan ditutup pada 12 Februari 2024.

Baca juga : Waspada... Anak Muda Jadi Target Pinjol Ilegal

“Setelah melihat progres pelu­nasan sampai hari ini, masa pelunasan biaya haji bagi jemaah reguler kita perpanjang hingga 23 Februari 2024,” terang Anna Hasbie.

Sebagaimana diketahui, kuota haji Indonesia tahun ini sebe­sar 221.000 jemaah. Indonesia kemudian mendapat tambahan sebesar 20.000 kuota sehingga jumlahnya menjadi 241.000 je­maah. Kuota ini terbagi menjadi 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Baca juga : Putin Lebih Sreg Biden Jadi Presiden Amerika

“Sampai sore ini, sudah ada 188.765 jemaah yang sudah memenuhi syarat istithaah kesehatan dan melunasi biaya haji,” sebut Anna Hasbie.

“Total jemaah yang sudah memenuhi syarat istithaah kesehatan hingga sore ini berjumlah 202.153 jemaah. Artinya ada 13.388 jemaah yang sudah memenuhi syarat istithaah ke­sehatan tapi belum melakukan pelunasan biaya haji,” sambung­nya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 17/2/2024 dengan judul Pelunasan Bipih Diperpanjang Hingga 23 Februari, Masih Terlalu Singkat, Awas Kuota Tak Terpakai      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.