Dark/Light Mode

Dana Peremajaan Sawit Naik Dua Kali Lipat

DPR: Sangat Positif Bagi Petani

Jumat, 1 Maret 2024 07:10 WIB
Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo. (Foto: Ist)
Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“Kami hanya memberikan warning karena ini menyangkut dana yang cukup besar, maka harus hati-hati pengelolaan­nya. Kalau melalui kooperasi, melalui kelompok (tani) harus hati-hati, jangan sampai ada pe­nyalahgunaan terhadap dana itu yang agak tidak sesuai dengan tujuan,” pesannya.

Dia bilang, kunci sukses dana PSR ini sangat tergantung ke­pada pelaksanaannya. Sebab, tak sedikit, program yang baik menjadi tidak optimal lantaran kurangnya kontrol di lapangan. Contohnya, Program Wajib Tanam Bawang Putih bagi para importir untuk memperoleh kuota impor.

Temuan di lapangan, justru banyak importir enggan mena­nam bawang putih, sehingga lebih memilih untuk menyalur­kan uang tunai kepada petani.

Baca juga : Posisi BUMN Kian Penting Ciptakan Ekosistem Nikel

“Nah ketika kelompok taninya itu diserahkan uang, ya kelom­pok taninya tidak serius, kemu­dian uangnya dimakan duluan. Itu sering terjadi, makanya harus hati-hati,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Koor­dinator Perekonomian Airlang­ga Hartarto mengungkapkan, Pemerintah akan menaikkan dua kali lipat dana program PSR untuk para petani rakyat menjadi Rp 60 juta per hektare per tahun , dari sebelumnya, sebesar Rp 30 juta.

“Anggaran dinaikkan menjadi Rp 60 juta per hektare sesuai kajian akademis dan juga ko­munikasi langsung dengan para petani sawit,” kata Airlangga.

Baca juga : Indonesia Kembangkan Ternak Sapi Di 3 Daerah

Para petani yang mendapatkan bantuan program peremajaan sawit merasa kesulitan bila ban­tuan hanya Rp 30 juta per tahun. Biaya itu hanya cukup digunakan untuk operasional selama setahun saja. Sedangkan sawit baru bisa dipanen hasilnya selama 4 tahun.

“Jadi, kalau dananya hanya Rp 30 juta itu hanya cukup untuk mereka hidup di tahun pertama. Beli bibit dan hidup di tahun pertama saja,” ucap Airlangga.

Diharapkan dengan penam­bahan dana bantuan ini, petani bisa mendapatkan tambahan biaya hidup. Termasuk untuk modal melakukan penanaman komoditas sela sambil menung­gu hasil sawit.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 1/3/2024 dengan judul Dana Peremajaan Sawit Naik Dua Kali Lipat, DPR: Sangat Positif Bagi Petani  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.