Dark/Light Mode

TNI AD Sisir Material Ledakan Gudmurah, Komisi I DPR: Selalu Waspada

Senin, 1 April 2024 23:21 WIB
Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia. (Foto: DPR)
Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR, Rizki Aulia Natakasumah meminta jajaran TNI yang bertugas melakukan penyisiran serpihan material ledakan gudang amunisi Armed Ciangsana agar tetap waspada. 

"Mereka harus selalu waspada hingga keadaan benar-benar aman," kata Rizki Aulia Natakasumah saat dihubungi, Senin (1/4/2024)

Seperti diketahui, ledakan gudang amunisi Artileri Medan (Armed) di Ciangsana, Sabtu (30/3/2024) lalu, menyebabkan sejumlah material sisa bahan peledak terlempar hingga ke perumahan di Kota Wisata. TNI pun menurunkan petugas untuk melakukan penyisiran agar sisa bahan peledak tidak membahayakan warga. 

Rizki berharap TNI mengerahkan seluruh upaya penanggulangan secara maksimal terhadap kejadian ini. 

Baca juga : Gudang Artileri Medan Bogor Meledak, Komisi I DPR Pertimbangkan Relokasi

"Kami meminta agar pihak keamanan merespons laporan dari masyarakat ketika mereka menemukan granat atau apapun itu yang terlempar ke wilayah permukiman," ungkapnya. 

Kalau perlu, sambung Rizki, harus ada patroli di sekitar wilayah ledakan. TNI harus proaktif menemukan material yang terlempar dari gudang ledakan. 

"Walaupun sampai saat ini belum ada korban jiwa, pihak TNI dan pemangku kepentingan terkait tidak boleh lengah," ucap politisi partai Demokrat itu, mengingatkan. 

Lebih lanjut, Rizki mengatakan, Komisi I DPR akan memanggil pihak-pihak yang bertanggungjawab dalam kejadian ini. Terutama dari pihak TNI lantaran kejadian ini terjadi di kesatuan TNI. 

Baca juga : Kerek Daya Saing Industri, Menperin Minta Kebijakan Harga Gas Murah Dilanjutkan

"Kami di Komisi I DPR akan memanggil pejabat berwenang dari TNI ketika waktu sudah memungkinkan. Kami juga tidak mau mengganggu proses evakuasi yang sedang dilaksanakan sekarang," ucapnya. 

"Terpenting sekarang adalah keamanan dan keselamatan warga sekitar. Saya rasa perlu ada koordinasi antara lembaga terkait, termasuk pemerintah daerah setempat untuk mengamankan warganya," pungkas putra dari pasangan Dimyati Natakusumah dan Irna Narulita itu. 

Diketahui, TNI terus mensterilkan dampak ledakan di gudang amunisi Artileri Medan (Armed) milik Kodam Jaya. Disampaikan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, warga terdampak telah aman.

Pasca ledakan yang menyebabkan kebakaran di Gudang amunisi Armed milik Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (30/3/2024), sejumlah personel TNI masih sibuk di sekitar lokasi.

Baca juga : Pangan Murah Nggak Boleh Salah Sasaran

Pertama, ada yang mensterilkan. Mereka adalah petugas penjinak bahan peledak Denzipur 3 Kodam Jaya. Beberapa personel terlihat menyisir daerah rumah warga terdampak kebakaran menggunakan alat untuk mencari serpihan bahan peledak.

Kedua, yang merenovasi rumah warga. Mereka merupakan personel dari Kodim 0507 Bekasi. Personel TNI merenovasi plafon yang runtuh akibat ledakan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.