Dark/Light Mode

Sabam: Kabareskrim Harus Bisa Ayomi, Lindungi dan Layani Masyarakat

Sabtu, 7 Desember 2019 21:13 WIB
Sabam Sirait (Foto: Istimewa)
Sabam Sirait (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPD Sabam Sirait menyambut baik penunjukan Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim Polri. Senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta ini berharap, Irjen Listyo dapat menjalankan tugas dengan baik.

Penunjukan Irjen Listyo menjadi Kabareskrim tertuang dalam telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat (6/12/). Sebelumnya, Irjen Listyo menjabat sebagai Kadiv Propam. 

Sabam menerangkan, Bareskrim merupakan salah satu pelaksana utama Polri yang sangat penting dan vital. Kabareskrim baru diharapkan bisa menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat, khusunya terkait dengan aksi-aksi kriminalitas.

Baca juga : Gelar Forum Bisnis, Indonesia dan Tiongkok Kembangkan Kerjasama

"Kita harapkan Kabareskrim bisa menjalankan tugas dengan baik dalam mengayomi, melindungi, dan melayani masyarakat," kata Sabam, Sabtu (7/12).

Tokoh senior yang sudah berpolitik sejak zaman Bung Karno dan sudah keliling ke 85 negara dalam menjalankan tugasnya ini sudah melihat bagaimana polisi di negara-negara lain berperan. Ia menjelaskan bahwa eksistensi polisi di berbagai negara itu bermacam-macam.

Untuk polisi Indonesia, dia melihat sudah baik. "Saya menilai, Undang-Undang Polisi di Indonesia sudah lumayan baik dan ideal," ungkap mantan anggota Dewan Pertimbangan Agung ini (DPA).

Baca juga : Permendag No. 70 Tahun 2019 Bisa Bikin Masyarakat Tenang

Mantan Komisi I DPR ini kemudian menjelaskan, kondisi sosial di Indonesia bermacam-macam. Dari Sabang sampai Merauke memiliki keragaman dari sisi sosiologis. Makanya, dalam menjalankan tugas  polisi harus bisa memahami keragaman sossiologis tersebut dengan baik.

"Dalam melayani masyarakat, polisi harus tahu dan paham kondisi masyarakatnya. Sebab bisa jadi sama, bisa jadi berbeda. Misalnya, penanganan di Bali beda dengan di Lampung. Di Kalimantan beda dengan di Jawa, dan seterusnya," ungkap Sabam.

Dengan pemahaman ini, lanjut Sabam, maka bisa dilakukan tindakan preventif. Sehingga tindakan ini bisa mengurangi berbagai aksi kejahatan dan kriminalitas. "Sehingga semua rakyat akan merasa aman dan nyaman," ucap Sabam. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.