Dark/Light Mode

Ini Usul Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Untuk Benahi Ekonomi Rakyat

Jumat, 13 Desember 2019 10:50 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. (Ist)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengingatkan persoalan perekonomian rakyat harus mendapat perhatian serius dari semua pihak, dan juga dari pemerintah.

Fadel mengungkapkan, masalah perekonomian rakyat masih ditemukan ditengah-tengah masyarakat. Antara lain, yang terkait modal kerja dan pembayaran bunga pinjaman.

Baca juga : Ketua MPR: Jokowi-Maruf Mengayomi Seluruh Rakyat

Persoalan itu ditangkap Fadel saat bertemu dan berbincang dengan masyarakat di berbagai daerah dalam berbagai kesempatan, antara lain saat Sosialisasi Empat Pilar.

"Sebagai Pimpinan MPR, saya sering bertemu dengan masyarakat di berbagai daerah. Saat berkeliling dan berbincang dengan masyarakat itulah, saya menyadari masalah ini (perekonomian rakyat) mesti mendapat perhatian lebih kita semua terutama pemerintah," katanya usai gelar acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan DPP SDGs LIRa, di Tangerang Selatan, Kamis (12/12/2019).

Baca juga : Menteri Eko Komitmen Kembangkan UMKM Untuk Tingkatkan Ekonomi Nasional

Untuk mengatasi masalah tersebut, Fadel punya tips. Dia berencana mengusulkan kebijakan 'Limited State Intervention' (LSI), atau intervensi terbatas dari negara untuk memajukan kelompok perekonomian menengah ke bawah.

Kebijakan usulannya tersebut bisa diimplementasikan dalam bentuk antara lain, kebijakan subsidi suku bunga pinjaman untuk perekonomian rakyat menengah dan kecil, lalu kebijakan membantu mendapatkan modal kerja bagi rakyat kecil yang kesulitan.

Baca juga : Ketua KPK Ngaku Banyak Salahnya

"Saat ini, pemikiran tentang kebijakan LSI ini sedang kami bahas di MPR untuk dipersiapkan tidak hanya menjadi usulan semata, tapi mudah-mudahan bisa menjadi kebijakan pemerintah ke depan," ujarnya.

Fadel menekankan, solusi permasalahan bangsa tersebut mesti diperhatikan dengan sungguh-sungguh.  Sebab, jika permasalahan tersebut tidak disikapi dengan hati-hati dan tanpa intervensi pemerintah, dikhawatirkan masalah itu akan semakin kompleks dan sulit diatasi. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.