Dark/Light Mode

Ketua MPR untuk Golkar, Cak Imin Ikhlas?

Jumat, 2 Agustus 2019 09:12 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa).
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Golkar mengklaim posisi Ketua MPR akan diserahkan ke mereka mereka. Partai yang dikomandoi Airlangga Hartarto ini mengaku sudah mendapat lampu hijau dari partai koalisi Jokowi-Ma’ruf.

Padahal selama ini yang ngebet duduki kursi itu adalah Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Apa Cak Imin ikhlas kursi Ke tua MPR diserahkan ke Golkar?

Politikus Golkar, Zainudin Amali mengakui, kursi Ketua MPR memang jadi rebutan parpol koalisi. Tapi, dia mengingatkan, Golkar yang paling pantas menduduki kursi tersebut. Sebab, partai beringin itu menduduki posisi kedua peraih kursi DPR pada Pemilu lalu, di bawah PDIP. “Jadi sudah sewajarnya lah Golkar,” imbuh nya.

Baca juga : Atasi Masalah Puntung Rokok, Sampoerna Adakan Baksos di Bali

Menurut Amali, parpol-parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) tidak masalah jika memang Golkar menduduki kursi Ketua MPR.

“Saya kira kalau di internal pendukung Jokowi tidak ada masalah ya,” klaim ZA, sapaan akrab Zainudin Amali. Meski demikian, proses komunikasi dengan seluruh fraksi di DPR soal posisi Ketua MPR masih berlangsung hingga saat ini.

Dia berharap, komunikasi ini dapat melahirkan kesepakatan. “Supaya tidak terlalu memakan waktu serta energi,” harap Ketua DPD I Golkar Jawa Timur itu.

Baca juga : Gelar Munaslub Desember, Partai Golkar Semakin Solid

Golkar dikabarkan sudah menyiapkan sejumlah nama untuk mengisi kursi ketua MPR. Salah satunya, Zainudin sendiri.

Selain dia, nama lainnya adalah, Aziz Syamsuddin, Agun Gunandjar, Kahar Muzakkir, serta Bambang Soesatyo. Pernyataan Zainudin itu diamini Wasekjen Partai Golkar Dave Akbar- shah Fikarno alias Dave Laksono.

Dia menyebut koalisi pengusung Jokowi- Ma’ruf Amin telah membuat kesepakatan menyerahkan kursi ketua MPR kepada Golkar.

Baca juga : Sarri Mau Boyong Pemain Chelsea

“Dari awalkan deal-nya begitu. Ya sepatutnya Golkarlah,” ujar Dave, kemarin. “Dari sejak sebelum pemilu sudah ada gentlemen’s agreement dengan seluruh koalisi agar menjaga kerukunan di antara (anggota) koalisi,” tambahnya.

Sementara, Wasekjen PKB Faisol Reza mengatakan, belum ada kesepakatan soal siapa yang akan menduduki kursi Ketua MPR. “Masih menunggu pertemuan koalisi,” ujar Faisol, kemarin.

Dia mengakui, Cak Imin pekan lalu sudah melakukan pertemuan dengan Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa, serta Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di DPP Nasdem.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.