Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemas Pelajaran Pancasila Semenarik Mungkin, MPR Bakal Gandeng Kemendikbud

Senin, 24 Februari 2020 21:35 WIB
Fadel Muhammad (Foto: Istimewa)
Fadel Muhammad (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - MPR bakal menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam mengemas metodologi mata pelajaran Pancasila yang menarik. Diharapkan, siswa-siswi tertarik mempelajari mata pelajaran Pancasila.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengaku mendapat keluhan dari guru PPKN di Batam, Kepulauan Riau. Dia mengeluh kesulitan membuat anak-anak muridnya menyukai pelajaran Pancasila. "Ini akan kami pikirkan polanya agar para siswa menyenangi Pancasila. Insya Allah akan kami komunikasikan dengan sejumlah pihak termasuk Kemendikbud agar mata pelajaran ini tidak membosankan," katanya, usai sosialisasi empat pilar di Universitas Universal, Batam, Kepulauan Riau, Senin (24/2).

Baca juga : Lestarikan Pancasila, Badan Sosialisasi MPR Kunjungi Vatikan

Dalam acara sosialisasi itu, Fadel didampingi anggota DPD asal Kepulauan Riau Haripinto Tanuwidjaja. Ratusan mahasiswa menghadiri acara itu.

Dia mengakui, masih banyak siswa yang belum menyukai mata pelajaran Pancasila. Karena itu, diperlukan metode khusus agar para siswa menyenanginya. "Misalnya di MPR, kami menyosialisasikannya kepada para sisa dengan menggelar acara cerdas cermat empat pilar," katanya.

Baca juga : Kemendagri Gelar Aksi Membumikan Pancasila di 22 Kampus

Tak hanya itu, lanjut Fadel, MPR juga menggandeng kaum milenial atau media sosial untuk menyosialisasikan empat pilar. Tentu dengan kemasan anak muda.

Dalam kesempatan itu, Eks Menteri Kelautan dan Perikanan itu berharap, empat pilar kebangsaan mampu meresap ke dalam jiwa para pemuda di Indonesia. Karena itu, MPR tengah gencar memberikan penyuluhan di sejumlah Universitas. "Harapannya, agar mereka para mahasiswa-mahasiswi mampu menanamkan sifat Pancasila di dalam kehidupan sehari-harinya," katanya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.