Dark/Light Mode

HNW Minta BP2MI Bantu Pekerja Indonesia di Luar Negeri yang Terdampak Covid-19

Kamis, 16 April 2020 19:26 WIB
Hidayat Nur Wahid (Foto: Istimewa)
Hidayat Nur Wahid (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendorong Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani segera memberikan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia di luar negeri. Apalagi, saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19.

Kepala BP2MI, kata Hidayat, harus segera berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di negara tujuan penempatan. Sebab, dia menerima banyak aspirasi dari konstituennya di luar negeri terkait kebutuhan pelindungan di tengah pandemi Covid-19 ini.    

Baca juga : Kadin Minta Jaminan Pasokan Listrik Di Tengah Pandemi Covid-19

“Ada surat terbuka untuk Presiden Jokowi dari Koordinator Serikat Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi dan juga pernyataan bersama Aliansi Organisasi-Organisasi Masyarakat Indonesia di Malaysia. Mereka sampaikan agar Pemerintah RI segera membantu, melindungi atau mengevakuasi pekerja migran Indonesia atau WNI yang terdampak Covid-19,” ujar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini. 

Politisi yang akrab disapa HNW menuturkan, aspirasi ini penting dan perlu dijawab Kepala BP2MI sebagai pembuktian kredibilitasnya. “Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017, Kepala BP2MI bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri. Aspirasi-aspirasi itu penting untuk segera dikabulkan. Dan untuk itu penting dilakukan koordinasi dan kerjasama yang maksimal dengan Menlu, yang sebelumnya juga sudah saya surati,” ujarnya. 

Baca juga : Kemenkop Akan Bantu Koperasi Dan UKM Yang Kena Dampak Corona

Dalam rangka melaksanakan amanah aspirasi dari WNI dan pekerja migran di luar negeri, HNW sudah menyampaikan surat terbuka dan surat bersama dari 19 organisasi massa warga Indonesia di Malaysia ke Menlu, Mensesneg, dan ke Komisi I DPR. “Sangat penting lembaga-lembaga negara tersebut bisa membantu kesulitan WNI di luar negeri dan PMI yang terdampak covid-19,” pungkasnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.