Dark/Light Mode

Tangani Pandemi Covid 19

Anggota DPR Dapil Jakarta Minta UMKM Dilibatkan Bikin Masker

Jumat, 17 April 2020 09:11 WIB
Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani. (Ist)
Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani berharap UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat dilibatkan dalam berbagai program penanggulangan pandemi Covid-19.

"Seperti pembuatan masker kain yang memang disertakan dan dibutuhkan Pemda DKI Jakarta untuk dibagikan dalam paket sembako," tutur Anggota Legislatif dari Dapil II Jakarta ini kepada wartawan, Jumat, (17/4).

Baca juga : Pandemi Covid-19 Makin Parah, Oposisi Minta Turki Bebaskan Pendukung Gulen dari Penjara

Christina yang juga aktif di UMKM menilai, koperasi UMKM yang bergerak di bidang pangan pokok juga perlu dirangkul untuk memenuhi kebutuhan bantuan bahan pokok program Pemerintah.

Ia mengakui, pemerintah telah melakukan berbagai upaya membantu para pelaku UMKM di tengah pandemi covid-19, melalui berbagai program. 

Baca juga : Selama Pandemi Covid-19, PSSI Kirim Laporan Kegiatan ke AFC

Berbagai skema bantuan itu meliputi restrukturisasi pinjaman mulai dari pengurangan bunga maupun penundaan pembayaran cicilan, bantuan langsung tunai, penghapusan pajak selama 6 bulan, dan kartu pra kerja.

Situasi pandemi ini kata dia, adalah masa yang sulit, karena semua sektor terdampak dan pergerakan manusia dibatasi. Sehingga menurutnya tidak ada preseden penanganan yang cepat dan sudah teruji.

Baca juga : Pelaku UMKM Dapat Pinjaman Baru, BLT Hingga Penghapusan Pajak

"Namun demikian, menilik dari program bantuan sosial yang dilakukan Pemerintah sudah tepat. Hanya kami menghimbau agar eksekusi program dapat dijalankan sesegera mungkin agar dampak pandemi bisa ditekan lebih cepat," tutur Christina. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.