Dark/Light Mode

Ringankan Beban Warga Terdampak Covid-19

Politisi Demokrat Bramantyo Suwondo Sebar 1.000 Paket Sembako

Minggu, 26 April 2020 21:57 WIB
Pembagian paket sembako dari Anggota Komisi X DPR Bramantyo Suwondo kepada warga miskin di Magelang. (Foto: Istimewa)
Pembagian paket sembako dari Anggota Komisi X DPR Bramantyo Suwondo kepada warga miskin di Magelang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi X DPR Bramantyo Suwondo turut turun tangan membantu meringankan beban warga di tengah wabah Covid-19. Pada Sabtu dan Minggu ini (25-26/4), pria yang akrab disapa Mas Bram itu melakukan kegiatan bakti sosial pembagian sembako di Kota Magelang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Purworejo.

Pria yang akrab disapa Mas Bram ini mendistribusikan 1.000 paket bantuan kepada warga yang terkena dampak langsung Covid-19, seperti pendatang yang sedang dikarantina oleh desa setempat, warga yang melakukan karantina mandiri, keluarga yang kepala keluarga atau tulang punggung keluarganya termasuk ODP, PDP, atau meninggal dunia akibat Covid-19, serta warga miskin yang layak mendapatkan bantuan.

Baca juga : KBRI Washington DC Bantu WNI dengan Paket Sembako Sehat

“Seribu paket sembako tersebut masing-masing terdiri atas beras, mie instan, teh celup, gula pasir, minyak goreng, kopi, telur ayam, dan sarden,” kata politisi Partai Demokrat ini, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (26/4).

Bram berharap, paket sembako darinya dapat membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di tengah melemahnya situasi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Bram menilai, pemberian bantuan langsung ini sangat diperlukan mengingat besarnya dampak Covid-19 bagi perekonomian masyarakat. 

Baca juga : Gandeng Dompet Dhuafa, DJP Jaksel II Siap Sebar 1.000 Paket Sembako

Data dari Kementerian Ketenagakerjaan pada 22 April menunjukkan, secara nasional, 2 juta lebih pekerja terpaksa kehilangan mata pencaharian karena dirumahkan atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah Covid-19. Di Jawa Tengah, jumlahnya mencapai lebih dari 150 ribu orang. Selain itu, data hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan memperkirakan, Jawa Tengah akan menjadi daerah tujuan pemudik terbesar. Jumlah warga yang pulang kampung ke Jawa Tengah selama satu bulan terakhir diketahui telah mencapai 650 ribu orang. 

“Sebagaimana yang kita ketahui, dampak dari Covid-19 ini telah membuat banyak masyarakat kita mengalami penurunan penghasilan hingga kehilangan pekerjaan. Hal ini pastinya berdampak pada kemampuan masyarakat kita untuk membeli kebutuhan dasar. Ditambah lagi, situasi Covid-19 ini belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Oleh karena itu, kami harap pembagian sembako ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasarnya sehingga bisa tetap menjamin kesehatan dan keselamatan di rumah,” ujar Bram [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.