Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Melani Suharli Serahkan Sembako Bagi Para Pedagang Pujasera Nyi Ageng Serang

Rabu, 20 Mei 2020 18:46 WIB
Anggota komisi VI DPR Melani Leimena Suharli membagikan bantuan paket sembako bagi para pedagang di Pujasera Nyi Ageng Serang, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (20/5). (Foto: Istimewa)
Anggota komisi VI DPR Melani Leimena Suharli membagikan bantuan paket sembako bagi para pedagang di Pujasera Nyi Ageng Serang, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (20/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota komisi VI DPR Melani Leimena Suharli membagikan bantuan paket sembako bagi para pedagang di Pujasera Nyi Ageng Serang, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (20/5). Didampingi putranya yang merupakan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta, Ali Muhammad Johan Suharli Leimena, Melani tiba di lokasi pukul 10.54 WIB. 

Turun dari mobil, politisi senior Partai Demokrat itu langsung berkeliling kantin yang tampak lengang, tanpa kursi dan meja. Sebagian besar warung tutup. Pagi tadi, hanya ada tiga dari total 70 pedagang yang membuka warungnya. Salah satu di antaranya, Rina, diajak ngobrol oleh Melani. 

"Sepi sekali ini, ya," tutur Melani yang disambut anggukan kepala oleh Rina. "Masih ada yang beli makan?" tanya Melani yang mengenakan kemeja batik biru, berwarna senada dengan sepatunya. "Ada, tapi sehari paling banyak lima," jawab Rina. 

Kondisi itu jauh berbeda ketika Covid-19 belum melanda. "Dulu di sini penuh, sampai banyak yang tak dapat tempat duduk," ungkap Rina.

Baca juga : Komisi VI DPR: Apakah Fair Pemerintah Tanggung Semua Beban Garuda?

Kondisi ini sudah dialami para pedagang selama tiga bulan. Pendapatan mereka anjlok sampai 99 persen. Pujasera Nyi Ageng Serang terletak di daerah perkantoran. Ketika kantor-kantor menerapkan Work From Home (WFH) bagi para pegawainya, otomatis tidak ada yang makan di kantin tersebut. 

Melani dan Ali tampak serius menyimak keluh kesah para pedagang. Setelah itu, keduanya mengutarakan maksud kedatangannya, yakni menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada para pedagang yang terdampak Covid-19 ini. 

Ada dua paket yang diserahkan ke masing-masing pedagang. Satu paket, dari Fraksi Partai Demokrat. Sementara satu lagi, bantuan pribadi dari Melani. "Ada salam dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan ibu Annisa Pohan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat," ujar Melani sambil menyerahkan satu per satu kardus kepada beberapa pedagang. 

Melani juga menyampaikan salam dari Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan istrinya, Ketua PIA (Persaudaraan Istri Anggota) FPD Aliya Rajasa. Setelah itu, Melani menyerahkan bantuan pribadi. "Ini dari kami pribadi, semoga bisa membantu para pedagang yang tiga bulan ini terdampak Covid," tuturnya.

Baca juga : DPR Ngarep Restrukturisasi Tak Bikin NPL Bank Naik

"Semoga perekonomian bisa lekas pulih kembali dan virus corona segera hilang," imbuh Melani yang serempak diamini para pedagang. "Aminnn…"

Eks Wakil Ketua MPR ini berpesan agar para pedagang selalu menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Yakni, cuci tangan, pakai masker, dan menjaga jarak. "Ambil hikmahnya, kalau dulu orang liat sampah diam saja, sekarang jadi lebih peduli pada kebersihan," imbuh Melani. 

Sementara, Ali berjanji akan makan di kantin itu jika situasi sudah membaik. "Nanti kalau udah tenang saya makan di sini. Sama ibu ya," ucap Ali yang disambut anggukan kepala sang ibunda. 

Koordinator pedagang Pujasera Nyi Ageng Serang, Daniel, berterima kasih atas bantuan dari Fraksi Partai Demokrat serta bantuan pribadi dari Melani dan Ali. "Saya mewakili pedagang Pujasera Nyi Ageng Serang mengucapkan terima kasih atas perhatian dari partai Demokrat yang diwakili ibu Hajjah Melani, bang Ali, yang sudah rela datang ke tempat kami yang ala kadarnya. Bantuan berarti sekali untuk kami. Semoga dibalas Tuhan YME," tutur Daniel disambut koor "Amin" dari para pedagang lainnya. "Semoga Partai Demokrat selalu bersama rakyat, selalu ada di tengah-tengah rakyat," sambungnya. 

Baca juga : Legislator Sedih Pangan Lokal Dianggap Simbol Kemiskinan

Diakhiri dengan cuci tangan di wastafel yang disediakan di depan Pujasera, Melani dan Ali meninggalkan lokasi. Dari situ, keduanya lanjut memberikan sembako dan wastafel cuci tangan di wilayah Mangga Dua Selatan, Jakarta pusat. Setelah itu, keduanya ke Kelurahan Menteng Dalam Tebet, Jaksel. Di sana, Melani dan Ali juga memberikan wastafel cuci tangan dan sembako kepada warga. "Semoga bermanfaat dan membawa barokah buat semua, agar Covid 19 ini segera berakhir," harap Melani. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.