Dark/Light Mode

Gotong Royong Kunci Penyelesaian Pandemi Corona

Senin, 18 Mei 2020 23:21 WIB
Marsiaman Saragih (Foto: Istimewa)
Marsiaman Saragih (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih meminta masyarakat agar bergotong royong dan saling membantu menghadapi penyebaran virus corona. Sebab, sikap gotong royong sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak lama. 

"Dengan gotong royong dari seluruh elemen seperti pemerintah, pengusaha, masyarakat maka bisa dipastikan pandemi virus corona bisa segera berakhir," ujar Marsiaman, dalam keteranganya, Senin (18/5).

Baca juga : Pemerintah Wajib Bongkar Mafia Pekerja Migran

Marsiaman menginginkan kesadaran bersama untuk menumbuhkan sikap gotong royong di masyarakat guna mencegah penyebaran yang lebih luas wabah Covid-19 ini. "Anjuran pemerintah agar menjaga jarak aman dan menjaga kebersihan diri pun harus dilakukan dengan baik," harap dia.

Politisi PDIP ini menilai, selama ini informasi dari pemerintah soal corona cenderung simpang siur dan membingungkan masyarakat. Sehingga masyarakat sulit memegang mana informasi yang betul betul bisa dipegang. Seperti soal mudik lebaran. "Ke depan hal ini tidak boleh lagi. Informasi dari pemerintah harus satu pintu dan jelas sehingga tidak membingungkan masyarakat," harap dia.

Baca juga : Rachmat Gobel Minta Sektor Perikanan Dioptimalkan

Marsiaman mendukung disahkanya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan Covid-19 menjadi Undang-Undang. Dengan itu, kata dia, setiap kebijakan pemerintah dalam mengatasi pandemi corona lebih cepat karena didukung dengan landasan hukum yang kuat. 

Selain itu, Marsiaman menyanyangkan kebijakan beberapa pemerintah daerah yang cenderung berlebihan dalam menangani pandemi corona. Seperti membangun rumah sakit khusus corona yang menghabiskan anggaran puluhan miliar. Padahal, kata dia jumlah penderita hanya beberapa orang. "Kalau penderita hanya beberapa orang pemda bisa menyulpa ruang yang ada tanpa perlu membangun rumah sakit baru," kata dia.

Baca juga : DPR Minta Pemerintah Perhatikan Pers

Untuk itu, Marsiaman meminta aparat penegak hukum untuk memantau dengan serius para kepala daerah yang mencoba bermain-main dengan anggaran pandemi corona. "Bila memang ada tindakan korupsi aparat harus mengusut hingga tuntas karena ini menyakiti banyak orang," geramnya.

Marsiaman memprediksi, ekonomi Indonesia akan segera pulih dari pandemi corona awal Juni 2020. Asalkan, seluruh masyarakat taat terhadap anjuran pemerintah dalam menaati protokol kesehatan.  "Tanpa ada ketaatan terhadap protokol kesehatan, maka pandemi corona sangat sulit berakhir," tutupnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.