Dark/Light Mode

Ketua MPR: Terima Kasih ke Masyarakat yang Lebaran di Rumah

Selasa, 26 Mei 2020 20:27 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada masyarakat yang mematuhi imbauan Lebaran di rumah saja. Sebab, kepatuhan itu sangat membantu dalam usaha menekan penyebaran Covid-19.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat yang mematuhi kebijakan pemerintah dengan tidak mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran virus Covid-19,” ucap politisi yang akrab disapa Bamsoet itu, Selasa (26/5).

Baca juga : Di Lebanon, Masyarakat Indonesia Berlebaran Seadanya

Tak lupa, Bamsoet juga memberikan apresiasi tinggi untuk para tenaga medis yang tetap bekerja meski sedang Lebaran. “Mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para petugas kesehatan yang terus bekerja keras penuh dedikasi dalam melayani dan merawat para pasien yang terinfeksi Covid-19 tanpa kenal lelah,” imbuhnya.

Mantan Ketua DPR itu kemudian mengingatkan mengenai adanya potensi ancaman baru penularan Covid-19 di wilayah Jabodetabek setelah Lebaran adalah kembalinya sebagian warga Jakarta dari kampung halaman. Atas hal ini, Bamsoet mendorong Gugus Percepatan Penanggulangan Covid-19 dan aparat keamanan untuk mengantisipasi arus balik ke Jakarta dengan memperbanyak titik-titik penyekatan (check point) untuk masuk wilayah Jakarta, khususnya dan wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca juga : Kemenkes Minta Masyarakat Manfaatkan Obat Tradisional

“Satgas percepatan penanganan Covid-19 dan aparat keamanan yang bertugas di check point untuk melaksanakan protokol kesehatan secara ketat serta memberlakukan karantina pribadi bagi pemudik yang masuk ke wilayah Jakarta. Ini guna menghindari kluster baru penyebaran virus Covid-19,” ucapnya.

Bamsoet meminta aparat yang bertugas untuk secara konsekuen melaksanakan peraturan Gubernur DKI Jakarta yaitu Pergub Nomor 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pelaksanaan aturan ini penting guna membantu Pemerintah Daerah DKI dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Baca juga : PLN Kalbar Siap Amankan Pasokan Listrik Jelang Lebaran

Untuk masyarakat yang mudik, Bamsoet mengimbau tidak kembali ke Jakarta dalam waktu dekat. “Ini untuk mencegah munculnya episentrum baru penyebaran virus Covid-19,” tandasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.