Dark/Light Mode

Fadel Usulkan KTA Untuk UMKM, Bunganya 1 Persen Aja...

Selasa, 14 Juli 2020 22:15 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kiri) (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kiri) (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Saat ini, ada sekitar 60,6 juta UMKM yang telah terhubung ke lembaga pembiayaan formal dan sekitar 23 juta KUMKM (Koperasi – UMKM), yang belum terhubung dengan lembaga pembiayaan atau perbankan.

Fadel  menyebut,  hampir semua kegiatan ekonomi dalam keadaan sulit dan tidak likuid. Karena itu, perlu keberanian pemerintah untuk mengambil langkah-langkah agar ekonomi menjadi likuid.

"Kami dari Pimpinan MPR meminta kegiatan perbankan dan institusi keuangan, agar mengambil langkah new normal sehingga ekonomi bergulir serta likuid,” ujarnya.

Baca juga : Anggaran PEN UMKM Baru Terserap 0,20 Persen

Pemerintah, lanjut Fadel, memang telah memberikan dana sekitar Rp 40 triliun untuk menginjeksi bank-bank BUMN. Namun, dana sebesar Rp 40 triliun tersebut belum cukup.

“Saya hitung-hitung dengan tim, paling tidak kita membutuhkan Rp 200 triliun untuk likuid,” tuturnya.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu juga menghitung risiko, apabila pemerintah tidak berani mengambil langkah spektakuler untuk likuiditas ekonomi. Diprediksi, bakal kolaps.

Baca juga : BNI Berikan Angin Segar Untuk UMKM Bangkit dari Pandemi

“Saya hitung 90 hari, kalau kita tidak berani mengambil langkah membuat likuiditas ekonomi, maka kita bisa kolaps," katanya.

"Kita menunggu langkah berani Presiden Jokowi untuk membuat ekonomi likuid. Kita membutuhkan langkah berani beliau," imbuhnya. [QAR]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.