Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berkah Fokus Bisnis UMKM, Bukopin Catat Kenaikan Laba 88 Persen

Kamis, 30 April 2020 20:37 WIB
Selain konsumer UMKM, Bank Bukopin juga komitmen di pengembangan layanan digital. (Foto: Dok. Bukopin)
Selain konsumer UMKM, Bank Bukopin juga komitmen di pengembangan layanan digital. (Foto: Dok. Bukopin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukses mengandalkan bisnis segmen konsumer dan UMKM, PT Bank Bukopin Tbk berhasil mencatatkan pertumbuhan laba operasional sebesar 88 persen menjadi Rp 90,5 miliar. Peningkatan laba operasional ini terutama berasal dari peningkatan pendapatan bunga bersih sebesar 19,8 persen dan pendapatan operasional lainnya sebesar 44,8 persen. Peningkatan pendapatan operasional lainnya selaras dengan strategi Bank untuk memfokuskan ekspansi pada produk-produk trade finance seperti flexy bill, flexy pay, fley gas dan flexy health. 

Pada periode tersebut, kredit yang disalurkan Perseroan secara year-to-date tumbuh sebesar 2,4 persen menjadi Rp 71,2 triliun dengan posisi Dana Pihak Ketiga sebesar Rp77,89 triliun. Dari sisi kualitas kredit, Perseroan berhasil menjaga posisi NPL (net) pada angka 3,40 persen, membaik dibandingkan periode 2019.

Baca juga : Gandeng Pelaku UMKM, Blibli Donasikan Masker Kain

Meski di tengah pandemi Covid-19, Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Eko Rachmansyah Gindo optimistis dapat tetap memacu bisnis di tengah tekanan krisis pandemi Covid-19 dengan mengandalkan segmen konsumer dan UMKM. "Kami mengantisipasi dampak krisis akibat pandemi Covid-19 Perseroan telah menetapkan kebijakan untuk melakukan ekspansi kredit secara selektif. Kami fokus dan konsisten untuk menjaga pertumbuhan bisnis melalui segmen ritel dengan ATMR (Aktiva Tertimbang Menurut Risiko) rendah, yaitu segmen konsumer dan UMKM,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (30/4).

Bank Bukopin, sambung Eko, tetap fokus pada pembiayaan kredit personal, yaitu segmen pensiunan PNS/TNI/Polri, PNS aktif dan pensiunan BUMN, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), dan Kredit Kepemilikan Kendaraan (KPM) melalui sinergi dengan perusahaan anak Bukopin Finance. "Sedangkan pada segmen UMKM, ekspansi kredit difokuskan pada pembiayaan kredit produktif pada segmen-segmen unggulan," ujarnya.

Baca juga : Tembus Rp 217 Miliar, Laba Bank Bukopin Naik 14 Persen

Diakui Eko, krisis akibat pandemi Covid-19 diprediksi telah berdampak ke sejumlah sektor, tak terkecuali pada industri perbankan. Namun demikian, dengan strategi dan pilihan fokus bisnis yang tepat, dia optimistis Bank Bukopin akan dapat menjaga tren pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan. Perseroan akan terus memacu pertumbuhan kinerja dengan melakukan perbaikan kualitas, peningkatan produktivitas, dan mengoptimalkan proses digitalisasi.

Sejumlah produk yang menjadi bagian dari strategi diferensiasi Bank Bukopin di antaranya adalah melalui produk Flexy Bill, yaitu pembiayaan pembayaran tagihan listrik untuk pelanggan korporasi dan Flexy Gas, yang merupakan layanan sejenis yang ditujukan bagi pelanggan korporasi untuk membiayai pembayaran tagihan gas, serta Flexy Health, yaitu pembiayaan tagihan BPJS Kesehatan dan Flexy Pay, yaitu produk invoice financing yang disediakan Bank Bukopin.

Baca juga : BIN Salurkan Bantuan Alat Kesehatan Ke RSUP Persahabatan

"Terutama dalam meningkatkan daya saing di segmen konsumer, Bank Bukopin telah menetapkan fokus pada percepatan proses dengan pemanfaataan teknologi informasi dan simplifikasi proses, antara lain melalui otomasi akuisisi nasabah dengan penggunaan e-form dan sentralisasi proses akseptasi kredit konsumer secara bertahap," jelasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.