Dark/Light Mode

Peringatan HUT Ke-75 MPR

Bamsoet: MPR Pengatur Iklim Agar Kehidupan Berbangsa Tetap Teduh

Senin, 31 Agustus 2020 08:20 WIB
KetuaMPR Bambang Soesatyo di peringatan HUT Ke-75 MPR di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (29/8). (Foto: Instagram)
KetuaMPR Bambang Soesatyo di peringatan HUT Ke-75 MPR di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (29/8). (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Bamsoet mengungkapkan, pascareformasi konstitusi (pasca perubahan UUD 1945), MPR  memulai lembaran sejarah baru. MPR  bukan lagi sebagai lembaga tertinggi negara, melainkan lembaga negara yang setara dengan lembaga-lembaga negara lain.

Baca juga : HUT ke-75, MPR Beri Penghargaan ke Taufik Kiemas sebagai Bapak Empat Pilar

“Namun, berubahnya kedudukan serta wewenang MPR tidak berarti menghilangkan peran penting MPR dalam sistem ketatanegaraan Inodnesia. MPR tetap merupakan lembaga negara, lembaga demokrasi, dan lembaga permusyawaratan yang menjalankan mandat rakyat berdasarkan konstitusi,” jelasnya.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Peran Penting Mahasiswa dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Menurut Bamsoet, pemberian kewenangan tertinggi tersebut sejalan dengan ruh pembentukan lembaga MPR, yakni ruh kedaulatan rakyat, rakyat sebagai pemegang tertinggi kedau latan. “Spirit inilah yang kemudian dituangkan dalam Visi MPR sebagai rumah Kebangsaan, pengawal Ideologi pancasila, dan Kedaulatan rakyat,” katanya.

Baca juga : BTN- REI Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

“Sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi pancasila, dan kedaulatan rakyat, MPR merupakan representasi dari daulat rakyat yang menjembatani berbagai aspirasi masyarakat dan daerah, yang mengedepankan etika politik kebangsaan, dengan selalu berusaha menciptakan suasana harmonis antar kekuatan sosial politik dan antar kelompok kepentingan untuk mencapai sebesarbesar kemajuan bangsa dan negara,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.