Dark/Light Mode

Jokowi Diminta Bikin Kebijakan Surat Ijo

Rabu, 6 Maret 2019 07:30 WIB
Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR Adies Kadir (Foto: Istimewa)
Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR Adies Kadir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PROGRAM bagi-bagi sertipikat tanah gratis dan hutan sosial untuk rakyat berdampak positif terhadap citra Presiden Jokowi. Apalagi di musim kampanye Pemilu 2019 sekarang ini.

Ada satu lagi yang perlu da- pat perhatian Presiden Jokowi. Yaitu, pelepasan surat ijo gratis. Sama seperti sertipikat tanah dan hutan sosial untuk masyarakat.

Baca juga : Pakistan Akhirnya Kembalikan Pilot India

Saat ini, warga Surabaya, Jawa Timur banyak yang menempati lahan hijau. Bahkan, sudah berpuluh-puluh tahun dan beranak- pinak. Mereka tengah berjuang mendapatkan pelepasan surat ijo tersebut.

“Presiden Jokowi harus mendengar suara masyarakat Surabaya yang telah menempati lahan surat ijo. Mereka sudah puluhan tahun bahkan sampai ke anak-cucu, dan masih harus membayar sewa. Mirisnya lagi apabila mengajukan pelepasan harus membeli dengan memba- yar lagi seperti tanah baru,” beber Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR Adies Kadir, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Jokowi Takut Rakyat Kemakan Hoaks

Anggota Komisi III DPR ini akan terus mengupayakan ke pemerintah pusat, agar Presiden mengeluarkan kebijakan pelepasan surat ijo secara gratis. “Seperti sertipikasi tanah secara gratis yang menjadi Program Presiden Jokowi, pro- gram tersebut sangat membantu masyarakat di tingkat bawah dalam memiliki sertipikat tanah,” ungkap politisi yang maju caleg DPR RI dapil jatim 1 Surabaya-Sidoarjo nomor urut 1 ini.

Kata Adies, jika membayar pun harus ada kebijakan untuk keringanan karena masyarakat surabaya sangat membutuhkan hak milik atas tanah itu. “Saya bersama dengan tokoh- tokoh surat ijo terus melakukan sejumlah upaya untuk mendapatkan penyelesaian permasalahan surat ijo,” ujar politisi yang juga Koordinator Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Golkar ini.

Baca juga : Berhijrah Bukan Tren

Bahkan, Adie mengaku sudah beberapa kali bertemu denan Komisi II DPR juga dihadiri pihak BPN. “Jika presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan pelepasan surat ijo secara gratis, saya pastikan kebijakan tersebut akan mendapat apresiasi besar dari 46.811 masyarakat surabaya pemegang surat ijo. Ini tentu akan menambah suara Pak Jokowi di Pilpres,” tandasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.