Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rerie minta Pemerintah Kerek Kreativitas UMKM

Rabu, 21 Oktober 2020 19:48 WIB
Rerie minta Pemerintah Kerek Kreativitas UMKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berharap, di masa pandemi Corona lahir ide kreatif membangun kewirausahaan. Sehingga, hal itu bisa ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurutnya, krisis ekonomi di masa pandemi ini harus sesegera mungkin dicarikan solusinya. Salah satunya dengan cara menumbuhkan semangat masyarakat untuk membangun wirausaha.

Baca juga : PGN: Penurunan Harga Gas Kerek Produktivitas Industri

Rerie, sapaan akrab Lestari mengatakan, jumlah wirausahawan di Indonesia  sedikit  dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura. Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia yang menjadi wirausahawan baru sekitar 3,1 persen dari populasi atau kurang dari 2 juta wirausahawan. Sementara, berdasarkan Entrepreneurship Global Index 2018,  rasio wirausahawan di Malaysia, Thailand dan Singapura masing-masing 6 persen, 5 persen dan 7 persen dari populasi penduduk.  

Legislator Partai NasDem itu menyampaikan, dalam membantu UMKM, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, membuka kesempatan bagi yang ingin mendapatkan  bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan program tahap II ini akan menyasar 3 juta pelaku usaha mikro.  Hingga akhir 2020 program BLT untuk UMKM ini, ditargetkan Pemerintah mampu menjangkau 12 juta pelaku usaha mikro.

Baca juga : Satu Tahun, Pemerintah Fokus Tangani Covid-19

"Fasilitas tersebut harus sesegera mungkin harus bisa dimanfaatkan masyarakat," pintanya.

Pemerintah, lanjutnya, harus memberi tambahan keterampilan yang dibutuhkan para pelaku wirausaha. Serta, menumbuhkan ide kreatif dalam menyikapi kenormalan baru di masa pandemi ini. Dengan langkah tersebut, diharapkan,  UMKM kembali bangkit. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :