Dark/Light Mode

Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Senayan Kasih Rapor Biru Buat Kinerja Johnny Plate

Minggu, 25 Oktober 2020 06:06 WIB
Johnny G Plate. (Istimewa)
Johnny G Plate. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi I DPR menilai kinerja setahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin di sektor Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sudah berjalan cukup baik. Senayan memberi rapor biru.

Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno mengatakan, kendati masih banyak program yang belum bisa berjalan, Kominfo diyakini bisa menuntaskannya sebelum akhir tahun 2020.

“Sudah banyak perbaikan yang dilakukan pemerintah di sektor Kominfo. Memang program infrastruktur ini belum berjalan seluruhnya, tapi semuanya sudah masuk dalam program tahun 2020 yang masih berjalan,” kata Dave di Jakarta, kemarin.

Menurut Dave, beberapa program itu di antaranya program peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan digital untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia, dan juga pemerataan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan internet untuk daerah 3T, tertinggal, terluar dan terdepan.

Berita Terkait : Yang Bilang Buruk, Cuma Elite Yang Iri

Di sisi penyerapan anggaran, sambung politisi muda Golkar ini, belanja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah lumayan baik. Karena itu, Dave memberikan rapor biru kepada kementerian yang dipimpin Johnny G Plate ini.

Diharapkan, Kemenkominfo bisa lebih cepat menuntaskan program, pemerataan infrastruktur untuk jaringan telekomunikasi dan internet masyarakat sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Menurut dia, anggaran Kemenkominfo ini meningkat luar biasa di 2020 dari setahun sebelumnya. Serapan anggarannya sudah optimal walaupun di tengah pandemi. Semoga 2021 bisa lebih baik lagi.

“Tapi kami yakin, visi pemerintah di kementerian itu sudah jelas dan ada blueprint-nya. Secara keseluruhan saya menilai kinerja Kemenkominfo sudah di atas 8,” tambah putra Agung Laksono ini.

Berita Terkait : Jokower Ganti Kulit

Anggota Komisi I Syaifullah Tamliha menilai, kinerja Kemenkominfo berjalan maksimal. Presiden Jokowi juga konsisten untuk mencipta tol langit atau penuntasan saluran komunikasi, terutama internet sebagai bagian dari pemajuan digitalisasi, untuk tuntas sebelum Tahun 2024.

“Saat ini Menkominfo terusmenerus membangun jaringan BTS di daerah 3T,” katanya.

Diakui politisi senior PPP ini, Kemenkominfo memiliki beban berat dalam percepatan era digitalisasi. Namun, kementerian itu menjalankan program percepatan digitalisasi secara terukur mulai tahun depan dengan anggaran tahun 2021 sebesar Rp 17 triliun.

“Untuk kinerja saya memberikan nilai 9,” tambah dia.

Baca Juga : Survei Lotte Dan LSI Denny JA Sebut Sekolah Online Pengaruhi Psikologis Ibu

Sebelumnya, anggota Komisi I Rizki Aulia Natakusumah mendorong pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi secara merata, khususnya di daerah 3T guna tercapai digitalisasi menyeluruh di Indonesia. [KAL]