Dark/Light Mode

Lantik Empat Anggota Baru

Zulhas Ajak Kawal Demokrasi

Jumat, 15 Maret 2019 01:40 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto: Dok. Humas)
Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto: Dok. Humas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak para anggota lembaganya untuk terus mengawal demokrasi konstitusional. Yaitu demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Ajakan itu disampaikan Zulhas, sapaan Zulkifli, saat melantik empat anggota baru MPR hasil Pergantian Antar-Waktu (PAW), di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. Empat anggota baru MPR itu adalah Wa Ode Nur Zainab, Taslim Azis, Musthafa Bakri, dan Tari Siwi Utami. Mereka secara berurutan berasal dari PAN, Gerindra, Golkar, dan Hanura.

Dalam sambungannya, Zulhas menyebut, masa tugas MPR periode 2014-2019 hanya tinggal enam bulan lagi. Meski begitu, kehadiran anggota baru tetap sangat penting. Apalagi Indonesia tengah menghadapi tahun politik.

Baca juga : Masih Banyak Yang Anggap Demokrasi Itu Bidah

Dia berharap, para anggota baru itu bisa melaksanakan tugas-tugas MPR dalam mengawal demokrasi dengan baik. “Kehadiran Saudara-saudara diperlukan,” tutur Ketua Umum PAN ini.

Meski sudah mendekati akhir periode, Zulhas berharap, para anggota MPR tetap maksimal dalam bekerja. Jangan malas-malasan. Sebab, masyarakat terus mengawasi dan menilai komitmen para anggota MPR dalam bekerja dan menyerap aspirasi masyarakat.

Zulkifli kemudian berbicara masalah demokrasi. Kata dia, MPR merupakan lembaga perwakilan sekaligus lembaga demokrasi yang mengemban aspirasi rakyat dan daerah. Para anggota MPR memiliki tanggung jawab mewujudkan demokrasi konstitusional.

Baca juga : 225 WNI Di Brunei Siap Kawal Pesta Demokrasi

Makanya, semua anggota MPR perlu mencurahkan perhatian mengawal itu agar berjalan dan bekerja menuju demokrasi yang konstitusional. “Apalagi di tahun politik,” ujarnya.

Masa-masa akhir periode seperti sekarang, tambahnya, merupakan kesempatan bagi anggota MPR untuk mencermati dengan seksama segala aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat. Karena itu, para anggota MPR harus sering bertemu dengan masyarakat. Segala aspirasi dari rakyat itu kemudian dibawa ke Senayan untuk diperjuangkan.

Selanjutnya, Zulhas berbiacara mengenai visi MPR, yaitu menjadi rumah kebangsaan, pengawal ideologi Pancasila, dan kedaulatan rakyat. Dia mengajak para anggota MPR senantiasa berperan aktif dan bersinergi bersama seluruh komponen bangsa untuk memperkokoh ideologi bangsa, mewujudkan kedaulatan rakyat, dan menegakkan demokrasi konstitusional.

Baca juga : Ledakan Di Mal Taman Anggrek Berasal Dari Pipa Gas

Dia berharap, di akhir periode nanti, MPR bisa menelurkan keputusan atau rekomendasi yang baik. Yang akan dilaksanakan periode berikutnya. “Targetnya adalah, MPR periode ini dapat menetapkan keputusan yang ideal dan tepat untuk kemajuan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, dia memberi selamat kepada keempat anggota baru yang dilantik. “Selamat bertugas,” pungkasnya. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.