Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lantik 7 Anggota Baru MPR

OSO Serukan Pelaksanaan Demokrasi Konstitusional

Selasa, 18 Desember 2018 14:53 WIB
Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta. (Foto: Romdony Setiawan/Rakyat Merdeka)
Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta. (Foto: Romdony Setiawan/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta mengajak semua kalangan untuk melaksanakan demokrasi yang konstitusianal. Yaitu demokrasi yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. OSO, sapaan Oesman Sapta, saat melantik dan mengambil sumpah tujuh orang anggota baru MPR, di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. Pelantikan ini merupakan pergantian antar-waktu (PAW) terhadap anggota MPR sebelumnya yang berhenti dan mengundurkan diri.

Dalam sambutannya, OSO berpesan agar anggota baru MPR menjalankan tugas dengan baik sesuai amanat undang-undang. Ia juga meminta agar anggota baru bekerja dengan penuh tanggung jawab sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat dan negara.

Baca juga : Pantau Siaran TV, Bawaslu Tak Temukan Pelanggaran Pemilu Dalam Aksi 212

“MPR sebagai lembaga permusyawaratan adalah lembaga perwakilan sekaligus lembaga demokrasi yang mengemban aspirasi rakyat. Sebagai salah satu pelaksana kedaulatan rakyat, MPR mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan substansi demokrasi yang sesungguhnya,” papar politisi yang juga menjabat Ketua DPD ini.

Mengenai demokrasi konstitusional, OSO menjelaskan bahwa hal itu telah diatur dengan jelas dalam Pasal 1 ayat (2) UUD1945. Isinya, kedaulatan berada di tangan rakyat. Untuk pelaksanaannya, sepenuhnya oleh MPR. Dia memandang, sistem demokrasi ini sangat ideal bagi bangsa Indonesia.

Baca juga : Sering Blusukan Ke Pasar Tradisional

“Namun, sampai hari ini, cita-cita ideal tersebut belum sepenuhnya dapat dilaksanakan. Karena itu, sebagai anggota MPR dan wakil rakyat, kita wajib mencurahkan seluruh perhatian untuk mengawal agar demokrasi berjalan dan bekerja menuju demokrasi konstitusional, yang sesuai dengan tugas dan kewenangan majelis,” jelas Ketua Umum Partai Hanura ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.