Dark/Light Mode

MPR dan DPD Ajak Masyarakat Dukung Pilkada 2020

Pastikan Betul Wasitnya Netral, Tidak Ikut Main

Selasa, 24 November 2020 07:28 WIB
Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jazilul Fawaid. (Foto: Instagram).
Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jazilul Fawaid. (Foto: Instagram).

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, Gus Jazil mengkhawatirkan potensi rendahnya partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak tahun ini. Sebab, merujuk pada sebuah hasil survei, sekitar 60 persen kelompok pemilih usia muda tidak mengenal calon kepala daerah.

Baca juga : Gus Jazil Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada

Sedangkan dari hasil simulasi di sebuah daerah di Sumatera Utara oleh Bawaslu, pemilih yang akan datang ke tempat pemungutan suara hanya sekitar 30 persen. “Karena itu, saya mengajak seluruh elemen masayarakat mensukseskan pesta demokrasi di daerah, pada 9 Desember nanti,” tandasnya.

Baca juga : Persatuan Wanita Patra Berikan Beasiswa Bagi Anak Dhuafa Di Cilacap

Terpisah, Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sultan B Najamudin mengajak seluruh elemen bangsa berperan aktif menjamin pelaksanaan pilkada yang berkualitas dan demokratis. Salah satunya, memastikan netralitas para penyelenggara pilkada serta aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca juga : Bamsoet Ajak Masyarakat Dukung Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional

“Pastikan betul, wasit tidak ikut bermain. Penyelenggara harus netral, termasuk ASN. Jika kita tidak berperan aktif dalam menegakkan ketaatan terhadap aturan main dan koridor yang berlaku, akan muncul potensi masalah yang berakibat konflik horisontal,” ujar Sultan di sela kunjungan kerja di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, kemarin. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.