Dark/Light Mode

Pengangkatan Guru Honorer Bisa Atasi Kekurangan Guru 

Rabu, 25 November 2020 08:38 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengapresiasi upaya pemerintah dalam percepatan pengangkatan guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk mengatasi problem kekurangan guru di Tanah Air.

"Rekrutmen satu juta guru dengan status PPPK merupakan upaya penyerapan tenaga kerja sekaligus peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/11).

Baca juga : Untuk Angkat Ekonomi Keluarga, PMI Di Hong Kong Butuh Literasi Keuangan

Lestari, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi NasDem itu, mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan pemerintah tersebut.

Rerie, sapaan akrab Lestari, berharap percepatan pengangkatan guru honorer menjadi PPPK itu tidak mengabaikan standar kualitas tenaga pengajar yang diharapkan. Sehingga,  guru berstatus PPPK itu bisa meningkatkan kualitas pendidikan nasional di masa datang. Kualitas pendidik yang baik,  bisa  meningkatkan rasa nasionalisme warga negara.

Baca juga : Mulai Dari Nol, Kok Lama Masa Kerja Tak Dihitung

Kekurangan tenaga pengajar, menurutnya, merupakan salah satu persoalan serius yang dihadapi bidang pendidikan sejak lama. Upaya peningkatan status guru itu,  menjadi momentum bagi Kemendikbud untuk mengatasi keluhan kekurangan tenaga pendidik. Selain itu, bentuk upaya pemerintah untuk memperbaiki kesejahteraan tenaga kerja honorer, baik dari sisi status maupun penggajian. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :