Dark/Light Mode

Dukung Menteri Erick

Komisi VI DPR Sepakat Transformasi BUMN

Sabtu, 19 Desember 2020 07:32 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Instagram)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengapresiasi langkah Menteri BUMN Erick Thohir meminta perusahaan pelat merah me-review strategi. Langkah ini perlu dilakukan, supaya BUMN bisa bertahan menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19

“Kita mendukung upaya Pak Erick mendorong perusahaanperusahaan BUMN melakukan transformasi dan inovasi bisnis yang sustain (berkelanjutan). Sustain dalam arti meningkatkan pendapatan, juga peningkatan profit berkelanjutan,” kata Darmadi di Jakarta Dia mengamini, sekitar 90 persen BUMN belum maksimal bertransformasi dan berinovasi. Adapun 10 persen yang mampu bertahan di tengah pandemi ini adalah Himpunan Bank-Bank Milik Pemerintah (Himbara) dan PT Telekomunikasi Indonesia.

DD panggilan akrabnya mengharapkan, BUMN mengembangkan perencanaan strategis. Antara lain dengan balance scorecard (BS) yang dikembangkan Robert Kaplan dan David Norton. BS ini memiliki empat perspektif dengan inidikator kinerja utama (IKU) yang terukur. Yaitu aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan pembelajaran.

Baca juga : Kejar Produksi 1 Juta Barel, Menteri ESDM Dukung Transformasi Hulu Migas

Tak hanya itu, politisi senior PDI Perjuangan ini juga menekankan pentingnya aspek pembelajaran (learning perspective) terkait individu, kerja sama antar individu, dan model-model bisnis masa depan.

“Yang penting itu mentalitas harus diubah. Mentalitas mereka selama ini kan hanya berdasar pengalaman masa lalu. Rutinitas saja sudah harus ditinggalkan,” katanya.

Karena itu, politisi dengan nama Tionghoa, Liem Tek Tjoen ini, mendorong BUMN pada 2021 nanti bisa bangkit. Sebanyak 90 persen BUMN strategis yang terdampak berat oleh pandemi Covid-19 harus mampu beradaptasi dengan kondisi zaman yang menuntut digitalisasi.

Baca juga : Persiapkan UMKM Pasca Pandemi, Menkop Teten Fokus 3 Upaya Transformasi

“Mentalitas Direksi BUMN yang cenderung cari aman, harus diubah menjadi entrepreneurial. Harus berani ambil risiko yang terukur,” tegasnya.

Darmadi mengingatkan, harapan agar BUMN bertransformasi tidak dipandang hanya sebagai slogan oleh para direksi BUMN. Pandemi tidak boleh menjadi alasan bagi BUMN untuk pasrah dan hanya mengandalkan sokongan dana pemerintah.

Di situasi berat saat ini, perusahaan swasta juga banyak yang mampu survive, padahal tak mendapat penyertaan modal negara dari pemerintah.

Baca juga : Tok, Komisi III Sepakat Sahkan 7 Komisioner KY

“Saat pandemi begini semua harus bangkit. Akan menjadi prestasi luar biasa jika seluruh BUMN mampu melakukan transformasi sebelum 2024. Kita ingin Menteri Erick meninggalkan prestasi yang baik bagi BUMN kita,” tambah dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perusahaan pelat merah melakukan review strategi menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Salah satunya, mempertimbangkan transformasi bisnis ke arah digital.  [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.