Dark/Light Mode

Saran Ketua DPD Atasi Dampak Pandemi

Revitalisasi Pasar Rakyat Bantu Pulihkan Ekonomi

Kamis, 14 Januari 2021 07:38 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: DPD)
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti meyakini, penguatan pasar rakyat akan menunjang pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Dibutuhkan kerja keras untuk merevitalisasi pasar rakyat, agar krisis ekonomi tak berkepanjangan.

Program revitalisasi dan pembangunan pasar rakyat, ujarnya, merupakan bagian implementasi Undang-Undang Cipta Kerja. Khususnya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. “Revitalisasi harus dilakukan. agar pasar bisa menjadi sentral pemulihan ekonomi pasca pandemi,” tegas La Nyalla, melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Selama Pandemi, Transaksi Bukalapak Naik 130 Persen

Dia menambahkan, pasar merupakan salah satu bagian terpenting dalam perputaran ekonomi masyarakat. selain mengedarkan uang dan barang, pasar juga menghidupi banyak pekerja non formal. termasuk menggerakkan berbagai sektor yang berujung pada penguatan ekonomi nasional.

La Nyalla meminta, revitalisasi dan pembangunan pasar baru yang dilakukan peme rintah, memperhatikan kondisi lingkungan dan kearifan lokal. selain itu, pasar dengan nuansa kearifan lokal menunjukkan per hatian kepada rakyat dan budaya yang berbeda di berbagai daerah.

Baca juga : Pasarnya Besar, Industri E-Sport Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

“Di tengah situasi pandemi, pemerintah harus memberi tambahan perhatian di sektor keamanan dan kesehatan. Dengan begitu, pasar tak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” jelas senator dari Daerah pemilihan Jawa Timur (Jatim) ini.

Lebih lanjut, La Nyalla juga mendorong penggunaan teknologi digital dalam revitalisasi dan pembangunan pasar rakyat. Dia pun mengapresiasi upaya pemerintah Kota Mojokerto, Jatim, yang menggunakan pendekatan digitalisasi untuk mengurangi tatap muka dalam transaksi jual beli di pasar rakyat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.