Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

NasDem Minta Listyo Kuatkan Peran Strategis Polwan

Rabu, 20 Januari 2021 21:42 WIB
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi NasDem Eva Yuliana (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi NasDem Eva Yuliana (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi III DPR Eva Yuliana mengapresiasi komitmen calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam meningkatkan kinerja Polri. Politisi Partai NasDem ini setuju dengan gagasan Listyo mengenai Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan, yang disampaikan dalam fit and proper test, Rabu siang (20/1).

"Saya mengapresiasi komitmen Pak Sigit dalam paparan fit and proper test ini. Presisi menjadi langkah yang tepat untuk menjawab tantangan Polri masa kini," ucap Eva.

Baca juga : Satgas Dorong Daerah Merah-Oranye Perbaiki Strategi Agar Jadi Zona Hijau

Dalam fit and proper test itu, Eva mengusulkan ke Listyo untuk menguatkan peran strategis Polwan di tubuh Polri. Eva meminta Listyo untuk memberi perhatian lebih dalam menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi di jajaran Polwan. 

Menurut Eva, penataan karier dan penguatan kompetensi Polwan relatif jomplang. Sebagai perbandingan, di bidang reserse, Polwan dan polisi laki-laki baru berkisar 1:10. Di bidang intelijen hanya 1:16, di Densus 88 juga 1:16.

Baca juga : Listyo, Muda Tapi `Mateng Di Pohon`

Eva berharap, kesenjangan ini mesti menjadi perhatian lebih. Pasalnya, kesempatan perempuan untuk menjadi Taruni Akpol sudah dilaksanakan sejak 2003. Demikian juga dengan kesempatan perempuan lain untuk menjadi Polwan melalui Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan jenjang karier lainnya. 

“Saya berharap, hal ini perlu diperhatikan betul dan lebih tingkatkan. Pasalnya, peran strategis Polwan di dalam tubuh Polri ke depan sangat vital. Tuntutan zaman bagi Polri untuk memberikan layanan publik di bidang keamanan dan ketertiban sosial nantinya pasti akan terus berkembang. Terutama, dalam konteks layanan publik terkait persoalan atau pun kasus-kasus perempuan dan anak. Tentu akan sangat berbeda ketika pendekatan dan kapasitas seorang Polwan yang menjadi garda terdepan pelayanan,” jelas Eva. 

Baca juga : Akademi Rumah Bangsa: Listyo Berkualitas Dan Berintegritas, Layak Jadi Kapolri

Selain fokus pada penguatan peran strategis Polwan, Eva juga mengingatkan Listyo untuk terus siap dan sigap dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi di tubuh Polri. Arus dasar karakter kepolisian yang kreatif dan inovatif yang telah terjadi harus terus ditingkatkan. “Semoga hal ini tetap menjadi perhatian Pak Sigit saat menjadi Kapolri nanti,” harap Eva. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.