Dark/Light Mode

Dinasihati Tito Sebelum Dites DPR

Listyo, Muda Tapi `Mateng Di Pohon`

Selasa, 19 Januari 2021 07:46 WIB
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (tengah). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (tengah). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibarat buah mangga, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang besok akan dites DPR sebagai calon Kapolri, sudah matang beneran. Matangnya bukan dikarbit, tapi matang di pohon.

Kesimpulan itu didapat dari uraian mantan Kapolri yang kini menjadi Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian. Listyo dan Tito memang seperti punya jalur yang sama di Polri. Mereka jadi calon Kapolri di saat masih muda dan masa pensiunnya masih lama. Listyo dan Tito tercatat dalam sejarah Polri sebagai calon Kapolri yang banyak melewati senior-seniornya.

Kepastian jadwal fit and proper test untuk Listyo sebagai calon Kapolri diungkap Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni. “Rabu, pukul 10 pagi,” kata Bendahara Umum Partai NasDem itu, kemarin.

Berita Terkait : Komite Mahasiswa Indonesia Yakin, Listyo Jadi Calon Kapolri Karena Kualitas

Awalnya, ada kabar Listyo akan menjalani fit and proper test hari ini. Namun, jadwal itu dimundurkan sehari. Sebab, sebelum fit and proper test, DPR perlu meminta masukan dari berbagai pihak.

Kemarin, Komisi III meminta masukan dari Ketua Harian Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto mengenai rekam jejak Listyo. Benny menyebut, Listyo tak punya track record negatif selama kariernya di Polri. 

Benny lalu menyinggung tantangan yang kemungkinan dihadapi Listyo ketika menjabat Kapolri. Dia melihat, akan banyak tantangan yang akan dihadapi, baik di internal maupun eksternal. “Belum lagi dampak dari pandemi, pengangguran, dampak ekonomi, kemiskinan, ditambah sekarang bencana alam," ucap Benny.

Berita Terkait : Transaksi Keuangan Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Dinilai Wajar

Menjelang fit and proper test tersebut, Listyo tidak bersantai. Kemarin, dia bersilaturahmi ke Tito Karnavian dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kabar silaturahmi itu disampaikan Tito usai rapat dengan Komisi II DPR, di Senayan, kemarin. Tito mengapresiasi langkah Listyo menyambangi rumahnya. "Tadi Pak Sigit ke kediaman. Tadi pagi sekitar pukul 8 lewat sedikit. Datang dengan Ibu Sigit," cerita Tito.

Dalam pertemuan itu, Tito memberikan selamat kepada Listyo yang dipilih menjadi calon tunggal Kapolri. Menurutnya, dengan berbagai pengalaman di Polri, Listyo layak jadi Kapolri. 
 Selanjutnya