Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Luncurkan Buku Rahmat Shah, Bamsoet Ajak Masyarakat Turut Aktif Dalam Pelestarian Satwa

Senin, 1 Februari 2021 20:01 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua) kanan dalam peluncuran dua buku tentang Rahmat Shah, di Jakarta, Senin (1/2). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua) kanan dalam peluncuran dua buku tentang Rahmat Shah, di Jakarta, Senin (1/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo turut serta dalam peluncuran dua buku tentang Rahmat Shah, “Perjuangan, Pengabdian, Pemikiran Rahmat Shah” dan “Kanker Prostat Bukan Vonis Mati”, di Jakarta, Senin (1/2). Bamsoet, sapaan akrab Bambang, memuji Rahmat sebagai sosok dermawanan. Tak heran jika Rahmat sampai dianugerahi Bintang Mahaputra Naraya oleh Presiden Jokowi pada 13 Agustus 2020.

"Kedua buku tentang dirinya ini merupakan bagian dari kedermawanannya membagikan pengalaman dan mewariskan kisah inspiratif dalam perjalanan hidupnya. Melalui buku 'Perjuangan, Pengabdian, Pemikiran Rahmat Shah' kita bisa belajar menghadapi pahit getir hingga asam-manis realita kehidupan," ujar Bamsoet, usai peluncuran.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, Wakil Ketua DPD Sultan, Anggota DPR Robert Kardinal, Duta Besar Turki, Duta Besar Palestina dan Puteri Rahmat Shah, Raline Shah.

Baca juga : Bamsoet Harap Masyarakat Tak Termakan Hoaks Vaksin

Mantan Ketua Komisi III DPR ini menuturkan, buku 'Kanker Prostat Bukan Vonis Mati', tidak saja menggambarkan kegigihan perjuangan Rahmat Shah melawan penyakit kronis. Melainkan juga merefleksikan kedalaman sisi mental-spiritualitas seorang Rahmat Shah. 

"Bahwa dalam masa-masa tersulitnya, Rahmat Shah tidak kehilangan kendali dan akal sehat, untuk tetap teguh pendirian. Tidak berpaling, dan percaya pada kuasa Ilahi," kata Bamsoet.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, kedermawanan Rahmat Shah merupakan refleksi dari karakter cinta kasih yang melekat pada pribadinya. Selain termanifestasikan kepada sesama anak bangsa, juga terhadap makhluk hidup lainnya. Hingga bermuara pada keputusannya menerima amanah sebagai Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI).

Baca juga : Terima Suntikan Tahap 2, Bamsoet Ajak Masyarakat Tak Takut Divaksin

"Manifestasi kecintaannya terhadap upaya perlindungan dan pelestarian satwa juga diwujudkan melalui pembangunan Rahmat International Wildlife Museum and Gallery. Para pengunjung tidak sekedar berkesempatan untuk belajar mengenal dan mencintai satwa, tetapi juga tergugah kepeduliannya untuk menjadi bagian dari komunitas pelindung satwa," jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini juga mengajak berbagai elemen bangsa untuk bersama Rahmat Shah mendukung program donasi Food for Animal. Didedikasikan untuk membantu lebih dari 66 ribu satwa yang berada di lembaga-lembaga konservasi, baik di Kebun Binatang, Taman Satwa, dan Taman Safari.

"Pandemi Covid-19 yang membatasi berbagai aktivitas masyarakat, juga berimbas pada minimnya pemasukan yang diterima oleh lembaga-lembaga konservasi tersebut. Sehingga, berdampak pada berkurangnya ketersediaan pakan dan obat-obatan bagi satwa yang dipelihara. Sedikit bantuan dari kita, akan besar manfaatnya bagi kelangsungan hewan-hewan tersebut," pungkas Bamsoet. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.