Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Amankan Laut Indonesia, Bakamla Kudu Didukung Regulasi Kuat

Selasa, 2 Februari 2021 19:26 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas. (Foto: Ist)
Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas menegaskan, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI harus didukung dengan regulasi yang kuat sehingga tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia berjalan dengan baik.  

Yan menegaskan, wilayah laut Indonesia harus menjadi perhatian pemerintah dengan Bakamla. Namun, badan ini masih membutuhkan dukungan regulasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya.  

Baca juga : Srikandi Indonesia yang Sukses Geluti Bisnis Kaum Adam

"Dukungan regulasi, mengingat Indonesia merupakan negara maritim dengan wilayah teritorial laut dan sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, jadi saya pikir sudah saatnya wilayah laut menjadi fokus perhatian bersama oleh pemerintah," papar Yan saat rapat dengar pendapat Komisi I DPR RI dengan Kepala Bakamla, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/2).  

Dia juga mengungkapkan, ego sektoral mengakibatkan tugas pengamananan wilayah laut belum berjalan dengan baik. Meskipun demikian, politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini mengungkapkan dukungannya kepada pemerintah agar mempercepat pembentukan regulasi mendukung tugas-tugas Bakamla. Sehingga kendala-kendala di lapangan bisa teratasi.

Baca juga : Penjualan Kuota Internet 3 Indonesia Naik Selama PandemiĀ 

"Dengan membentuk regulasi dukungan untuk tugas-tugas Bqkamla, saya yakin suatu saat nanti, terhadapa berbagai macam ancaman di laut ini bisa tertangani dengan baik," ujar politisi dapil Papua ini.  

Tak hanya regulasi, penambahan personel pun dibutuhkan oleh Bakamla. Menurutnya jumlah personel yang cukup, mutlak dibutuhkan. Mengingat luasnya wilayah yang harus mendapat pengamanan.

Baca juga : Kekurangan Zat Besi Bikin Anak Nggak Konsentrasi Belajar

"Selat Makassar, dan wilayah laut di Papua banyak yang luput dari pengawasan. Intensitas kasus-kasus ilegal fishing di lautan ini masih tinggi. Belum tersentuh dan tertangani dengan baik," tandasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.