Dark/Light Mode

DPR Ingatkan Polri Untuk Tetap Konsen Terhadap Kejahatan ITE

Selasa, 23 Februari 2021 13:39 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Hukum DPR dari Fraksi Partai NasDem, Ahmad Sahroni mengapresiasi sikap Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo yang mentolerir sejumlah laporan berkaitan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). 

Mantan Kabareskrim ini meminta jajarannya untuk tidak menahan tersangka UU ITE apabila telah mengajukan permohonan maaf ke korban. 

Berita Terkait : Tampil Di Forum Parlemen Dunia, Puan Maharani Bicara Pemulihan Pasca Pandemi

"Sangat bijak sikap yang dilakukan Kapolri. Sangat humanis dan humble. Saya dukung," kata politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu, Selasa (23/2). 

Namun Ia mengingatkan, meski banyak toleransi yang dikeluarkan Sigit terkait UU ITE, kejahatan ITE harus tetap jadi konsen Pemerintah dan Polri. 

Berita Terkait : Perintahkan Seluruh Polisi Tes Urine, Komisi III Apresiasi Kapolri

Dia berharap kepada Korps Bhayangkara untuk mencegah masifnya informasi hoax. "Karena informasi hoaks bisa membuat salah informasi dan menjadi kericuhan antarsesama," ungkapnya.

Diketahui, Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya untuk tidak menahan terhadap tersangka kasus pelanggaran UU ITE. Khususnya, terhadap tersangka yang telah meminta maaf serta kasus tersebut dinilai tak berpotensi memecah belah masyarakat, mengandung unsur SARA, radikalisme, dan separatisme. [UMM]