Dark/Light Mode

Ketua DPR Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Indonesia Tidak Akan Maju Kalau Warganya Apatis

Selasa, 16 April 2019 21:16 WIB
TPS 15 Purbalingga Lor, tempat nyoblos Ketua DPR Bambang Soesatyo dan keluarga. (Foto: Dok. Pribadi)
TPS 15 Purbalingga Lor, tempat nyoblos Ketua DPR Bambang Soesatyo dan keluarga. (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Bambang Soesatyo bersama keluarga akan nyoblos pada Pemilu besok di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. TPS 15 merupakan yang terdekat dari kediaman Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di sekitar Kauman Alun-alun, Jalan Ahmad Nur, Purbalingga.

"Insya Allah saya dan keluarga akan menggunakan hak pilih di TPS 15, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Lokasinya di daerah Kauman, tidak jauh dari Alun-alun Kabupaten Purbalingga," ujar Bamsoet, di Purbalingga, Jawa Tengah, seperti dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (16/4).

Baca juga : Besok, Megawati Gunakan Hak Suaranya di Kebagusan

Usai nyoblos, Bamsoet akan berkeliling meninjau beberapa TPS di Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Kegiatan yang direncakan berlangsung hingga malam hari itu ditujukan untuk memastikan pemungutan suara berjalan aman, tertib, dan damai.

"Warga tidak perlu takut datang ke TPS. Karena TNI dan Polri menjamin keamanan dan ketertiban. Sehingga tidak ada provokator yang meresahkan. Warga bisa memilih sesuai hati nurani masing-masing, tanpa perlu takut diintimidasi pihak lain," tutur Bamsoet.

Baca juga : Mendagri : Indonesia Jadi Teladan Dunia Dalam Demokrasi

Dia pun mengingatkan, libur nasional yang ditetapkan Pemerintah pada pencoblosan besok dapat ddigunakan masyarakat sebaik-baiknya untuk menyukseskan Pemilu 2019. Hari libur bukan berarti warga lebih memilih untuk liburan dan meninggalkan hak pilih.

"Boleh berlibur ke luar kota, namun jangan lupa gunakan terlebih dahulu hak pilihnya. Setelah itu baru pergi berlibur, menikmati akhir pekan, bercengkrama bersama keluarga," pesannya.

Baca juga : Jokowi: Saya Tegaskan Indonesia Tak Akan Bubar

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, hak pilih merupakan anugerah besar yang didapatkan dari proses berdemokrasi. Kesadaran menggunakan hak pilih adalah bagian dari kesadaran untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik. 

"Indonesia tidak akan maju jika warganya apatis. Karena itu, besok bergeraklah ke masing-masing TPS. Gunakan hak pilih sebijaksana mungkin. Dan jangan lupa berdoa agar siapa pun yang memenangi Pemilu 2019, bisa membawa Indonesia semakin maju dan sejahtera," pungkas Bamsoet.  [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.