Dark/Light Mode

Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia Joseph Donovan

Nikmati Keindahan Maluku Utara

Kamis, 4 April 2019 07:41 WIB
Dubes Joseph Donovan (tengah) menikmati kumpulan gambar Perang Dunia II di museum peninggalan PD II di Morotai. (Foto : US Embassy Jakarta).
Dubes Joseph Donovan (tengah) menikmati kumpulan gambar Perang Dunia II di museum peninggalan PD II di Morotai. (Foto : US Embassy Jakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan melakukan kunjungan tiga hari ke Provinsi Maluku Utara sejak 1 April.

Kedatangannya ini merupakan bagian dari perayaan 70 tahun hubungan AS-Indonesia.

Dalam lawatannya ini, Dubes Donovan didampingi Direktur Misi United States Agency for International Development (USAID) Indonesia Erin E McKee serta rombongan dari konsulat jenderal di Surabaya.

Di hari pertama, rombongan Dubes Donovan, didampingi Wakil Gubernur Maluku Utara Muhammad Natser Thaib dan Bupati Morotai Benny Laos, mengunjungi Museum Peninggalan Perang Dunia II.

Baca juga : Dubes Bagas Hapsoro Perkenalkan Kopi Indonesia Ke Skandinavia

Dalam museum tersimpan bukti sejarah pendaratan pertama Jenderal Mc Arthur di Morotai bersama puluhan ribu bala tentaranya.

Dubes Donovan terkesan bisa melihat langsung bukti sejarah kedatangan tentara Amerika Serikat di Morotai. “Sangat berkesan. Saya lebih memahami dan tergambar lagi sejarah yang kita miliki bersama. Tapi ini tidak hanya tentang sejarah tapi juga ke masa depan juga,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Donovan juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Maluku Utara terutama Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai. “Saya hadir di sini sebagai bagian dari peringatan tersebut dan juga peringati mengenang pertempuran Morotai 75 tahun lalu.

Seperti anda lihat Amerika dan Morotai memiliki ikatan yang ada sejak 75 tahun lalu. Tidak jauh dari tempat saya berdiri pasukan sekutu mendarat pada 25 September 1944, kemudian mendirikan pangkalan udara di Daruba, saat ini landasan udara Pitu,” terangnya.

Baca juga : Ingin Jajal MRT Ke Blok M Saat Jam Makan Siang

Usai dari Museum Perang Dunia II, Dubes AS bersama rombongan kemudian berkeliling ke Pusat Pemrosesan Ikan Tuna di Pusat Perikanan Laut Terpadu.

Setelah itu, Dubes Donovan juga menikmati keindahan bawah laut di Galo-galo, Selasa (2/4). Dia melakukan scuba diving.

Dia terpesona dengan keindahan Galo-galo. Menurut Donovan, rakyat Galo-galo sangat beruntung karena hidup di salah satu tempat paling indah di seluruh dunia. “Itulah sebabnya, untuk melindungi berkah, anugerah yang diberikan Tuhan, masyarakat Galo-galo bersama-sama melindungi laut kita yang indah ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku Utara M Natsir Thaib,dalam sambutannya meminta Donovan membantu mempromosikan keindahan Morotai ini di Amerika Serikat. “Saya berharap Pak Dubes dengan segala kewenanganya bisa mempromosikan ikon wisata Morotai seperti halnya Bali baru,” harapnya.

Baca juga : Berkat LCS, Perdagangan Indonesia dan Thailand Makin Kuat

Wagub juga meminta USAID untuk dapat membimbing masyarakat Galo-Galo seperti yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB), sehingga tempat wisata dan masyarakat dapat berkembang dan sejahtera. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.