Dark/Light Mode

Ketua DPD Ungkap 5 Langkah Bantu Pengusaha UMKM Saat Pandemi

Jumat, 23 Juli 2021 19:18 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mattalitti. (Foto: Humas DPD RI)
Ketua DPD LaNyalla Mattalitti. (Foto: Humas DPD RI)

 Sebelumnya 
Dikatakan LaNyalla, yang dialami pelaku UMKM saat ini sangat berbeda dengan krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Saat itu, krisis dialami sektor moneter dan perbankan. Tetapi pasar tetap buka seperti biasa.

Transaksi langsung tidak dibatasi. Pelaku UMKM masih bisa bertemu dengan pembeli. Karena itu, UMKM saat itu tetap survive.

Baca juga : Peringati Hari Anak, Ketua DPD Ingatkan Potensi Stunting di Tengah Pandemi

"Tetapi yang terjadi hari ini sangat berbeda. Pandemi ini memaksa pembatasan aktivitas pertemuan langsung dalam sebuah pasar," jelasnya.

Apalagi, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dilakukan untuk mengatasi lonjakan kasus Corona, memaksa pasar dan pertokoan tutup atau dibatasi. LaNyalla menilai, keadaan tersebut memukul langsung pengusaha kecil dan menengah.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pengusaha Salurkan CSR Bantu Warga Terdampak Pandemi

"Pemerintah dan semua stakeholder, terutama HIPMIKIMDO juga harus melakukan pendekatan yang berbeda, untuk membantu meringankan beban, atau membantu agar pelaku UMKM tetap bisa hidup," imbau LaNyalla.

Menurutnya, setidaknya ada lima langkah yang harus menjadi prioritas HIPMIKIMDO untuk membantu anggotanya. Pertama, lekas mendorong transformasi perpindahan pasar, dari market space menuju marketplace. Sehingga mau tidak mau, anggota HIPMIKIMDO harus masuk ke pasar online.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.