Dark/Light Mode

Tolak Fasilitas Isoman Untuk Anggota DPR

Puan Balas Air Tuba Dengan Air Susu

Sabtu, 31 Juli 2021 07:45 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani tolak fasilitas isoman bagi Anggota DPR. (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPR, Puan Maharani tolak fasilitas isoman bagi Anggota DPR. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani angkat suara terkait polemik fasilitas isolasi mandiri bagi anggota DPR di hotel. Puan menolak fasilitas tersebut.

Soal fasilitas isoman bagi Anggota DPR itu tertuang dalam surat edaran Sekjen DPR bernomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021. Surat tersebut berisi informasi terkait penyediaan fasilitas isoman bagi anggota DPR yang terpapar tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan.

Fasilitas isoman tersebut disediakan di dua hotel bintang tiga di Jakarta. Yaitu Hotel Ibis di Jalan Daan Mogot dan Hotel Oasis di Jalan Senen Raya.

Berita Terkait : PGI Siapkan Gereja Jadi Ruang Isolasi Mandiri

Menurut Sekjen DPR, Indra Iskandar, fasilitas isoman di hotel ini merespon keluhan anggota dewan yang tinggal di rumah jabatan, Kalibata, Jakarta Selatan. Mereka yang tinggal di sana khawatir tertular jika ada anggota dewan atau staf yang isolasi mandiri di kawasan rumah dinas wakil rakyat itu.

Gara-gara ini, DPR pun jadi bulan-bulanan di dunia nyata dan dunia maya. DPR dinilai tidak peka atas kondisi rakyat yang diwakilinya.

Menanggapi banyaknya kritikan dari masyarakat, Puan meminta Sekjen DPR mengevaluasi kembali rencana penyediaan fasilitas isoman yang berasal dari lingkungan DPR.

Berita Terkait : Anggota DPR Dicaci Maki

“Melihat kondisi saat ini, penyediaan fasilitas isolasi terpusat khusus karyawan, perangkat, maupun anggota DPR, belum perlu dilakukan,” kata Puan di Jakarta, kemarin.

Politisi PDIP itu meminta, Sekjen DPR berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 mengantisipasi kebutuhan layanan kesehatan untuk pegawai DPR yang positif Corona.

“Jadi kalau ada pasien Covid-19 dari karyawan, perangkat maupun anggota DPR yang mengalami perburukan kondisi, bisa segera teratasi,” kata Puan.

Berita Terkait : Puan: 5 Hari Ke Depan Adalah Ujian Penting

Selain Puan, fraksi-fraksi di DPR juga menolak fasilitas isoman di hotel. Anggota Fraksi Gerindra di DPR, Habiburokhman menyebut, anggota DPR kebanyakan enggan mengambil fasilitas tersebut, walaupun disediakan. “Isoman di rumah masing-masing tentu lebih nyaman karena dekat dan bisa berkomunikasi dengan keluarga,” ujarnya.

Ketua Fraksi NasDem, Ahmad Ali juga menolak fasilitas tersebut karena berlebihan. Apalagi, saat ini tidak sedikit masyarakat bawah yang kesulitan memperoleh layanan kesehatan.
 Selanjutnya